Warga Dukuh Pucang Desa Jatiroto-Kayen ,Gelar Acara Kirab Dan Sedekah Bumi.







Jateng7.com.KAYEN-Bumi Pati Adalah Sebuah kota Yang penuh Dengan tradisi Dan kebudayaan Yang memang sangat melegenda.Kota yang Berjuluk " Kota 1000 Paranormal." Tersebut Juga kental Dengan Tradisi Seni Budaya Maupun Acara keagamaan Dan Adat Istiadat Yang Begitu sudah Merakyat.

Hal tersebut Di buktikan Dengan Adanya Gelaran  Sedekah bumi yang berlangsung setiap Tanggal 12 Apit Di penanggalan Jawa.Yang bertepatan Dengan  Hari Minggu 12-6/2022.


Acara Dimulai minggu pagi sekitar pukul 10.00wib.Dengan Upacara Pelepasan Di Balai Desa Jatiroto Dilepas oleh Pemdes Dan di hadiri oleh muspika  Kayen Masyarakat Dan tokoh masyarakat Dukuh Pucang Desa Jatiroto- Kayen.
Setelah Dilepas oleh Pemdes Jatiroto ,Gunungan Dari balai desa  Di Arak Menuju  makam Mbah Kyai Gusti Mataram( Keterangan Dari warga ,Ahmad Zaelani).

Sesampai Di  Tempat acara Gunungan yang berisi makanan Dan Hasil bumi Di bagikan dan diambil oleh masyarakat yang menghadiri Acara tersebut.

 Acara Dilanjutkan Dengan Gelaran  Wayang kulit Dengan Dalang  Kiwidagdo Dan Dalang cilik yang bernama Ageng Purwocarito.Kemudian acara Minggu malam Acara  Kembali Di lanjutan Dengan Gelar wayang kulit Dengan Dalang Ki Sigit Ariyanto Dari  kota Rembang.

Acara Akan di tutup Dengan pengajian pada hari senin masih di lokasi  Yang sama .

Setelah menunggu Selama Dua  tahun Karena adanya pandemi covid-19, Akhirnya Rakyat pati Bisa Merasakan Suasana Yang sudah sangat Dirindukan .

 Seperti Acara Yang Di nanti oleh warga Pucang Kayen Tersebut. Yang menggelar Acara Sedekah Bumi.Dengan  Acara pagelaran Wayang kulit Satu Hari satu malam.Sebagai bentuk Dari Rasa syukur Masyarakat Yang Tahun ini Menggelar kembali Kirab Sedekah Bumi Setelah menunggu Lama .(Jateng7.com. pati./sbr  pemdes Desa Jatiroto & AZ).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form