Dandim Pati Bersama Forkopimda Mencanangkan Kelurahan Pati Wetan Sebagai Kampung Pancasila.


Jateng7.com.PATI-Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P, M.I.P bersama Bupati Pati H. Haryanto, S.H., M.M., M.Si, Kapolres Pati AKBP Christian Tobing, S.I.K, M.H, M.Si serta Wakil Bupati Pati H. Syaiful Arifin, S.E hari ini menghadiri pencanangan kampung Pancasila di Kelurahan Pati wetan kecamatan Pati kabupaten Pati.

Kegiatan pencanangan Kampung Pancasila dipusatkan di Pendopo TK Pertiwi kelurahan Pati Wetan disambut dengan tarian Gambyong dari siswi SMPN 01 Pati serta menyaksikan pentas seni dari anak-anak TK Pertiwi.Selasa,(07/06/2022).

Dalam kesempatan tersebut, dibacakan teks Pancasila oleh anak-anak TK Pertiwi dan ditirukan oleh tamu undangan yang hadir, dilanjutkan pemukulan kentongan dan penyerahan simbol Pancasila oleh Wakil Bupati Pati H. Saiful Arifin kepada Lurah Pati Wetan Sri Rofiah, S.H.
 
Dandim 0718/Pati mengucapkan terimakasih kepada Lurah Pati wetan dan warga atas dukungannya sehingga Pencanangan Kampung Pancasila bisa terlaksana dengan baik.

Dandim mengatakan bahwa pencanangan Kampung Pancasila di wilayah kabupaten Pati saat ini telah terbentuk disetiap kecamatan. "Setiap kecamatan saat ini memiliki satu desa sebagai kampung Pancasila yang merupakan tolak ukur toleransi meskipun beda agama suku namun tetap satu jua,"Ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan bahwa latar belakang dibentuknya kampung Pancasila karena telah adanya degradasi moral dan lunturnya jiwa Pancasila dan nasionalisme di kalangan milenial belakangan ini.

"Masyarakat merasa asing terhadap Pancasila serta nilai-nilai Pancasila, sehingga untuk menegakkan dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila serta menumbuhkan toleransi agama dan sikap gotong royong, kami terpangil untuk memperbaikinya,"sambungnya.

"Pancasila harus dijadikan way of life atau sebagai pandangan hidup bangsa yang mengandung makna bahwa semua kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan sila-sila dari Pancasila,"Tandas Dandim

Selanjutnya rombongan Forkopimda Pati meninjau kampung Pancasila di Gang Getaan Rt.04/05 kelurahan Pati Wetan, dilanjutkan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh bupati Pati.

Menutup acara, rombongan selanjutnya meninjau lukisan mural dengan diiringi rebana disambut oleh warga dengan mengenakan pakaian adat sebagai simbol kebhinekaan.

Hadir dalam kegiatan pencanangan Kampung Pancasila adalah Forkopimda Pati, Forkopincam Pati, Lurah Pati Wetan beserta staf, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda kelurahan Pati wetan.(Jateng7.com/sbr  Forkompimda Pati).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form