Kepolisian Sebut Akhir Pekan Akan Menjadi Puncak Arus Balik.

Jateng7.com.SEMARANG – Pihak Kepolisian memprediksi bahwa arus balik mudik lebaran 2022 akan di mulai pada Kamis (5/5/2022) dan akan mencapai puncaknya pada akhir pekan ini.

Hal tersebut diungkapkan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam rapat virtual di GT Kalikangkung Semarang, Rabu (4/5/2022) lalu.

Brigjen Aan menyebut arus balik diprediksi terjadi mulai tanggal 5-6 Mei 2022 dan puncak arus balik pada 7-8 Mei 2022.

Kepolisian disebut telah mengantongi evaluasi keberhasilan dan kekurangan dari arus mudik kemarin.

“Keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya.”

“Setidaknya ada beberapa strategi yakni strategi manajemen media, penambahan kapasitas lajur, strategi pengurangan volume kendaraan melalui ganjil genap, strategi penempatan personel pada titik permasalahan, dan rest area,” ujar Aan.

Arus lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama pada hari ketiga Lebaran, Rabu (4/5/2022) sekira pukul 22.00 WIB.

Aan menyebut, beberapa penyebab perlambatan hingga berakibat kemacetan saat arus mudik lebaran 2022 kemarin antara lain diakibatkan mulai dari kendaraan tidak laik jalan, pemudik yang menerobos dari jalur B ke A maupun sebaliknya di u-turn atau dobrak (bukaan pembatas jalan) saat pemberlakuan oneway maupun contraflow di ruas tol.

Kemudian pengemudi berhenti di bahu jalan, serta perlambatan arus kendaraan menjelang rest area.

“Tolong terus diinformasikan kepada masyarakat untuk menyiapkan kendaraannya. Karena hal ini mengganggu arus di belakang.”

“Kemudian tolong personel mengamankan pada titik U-turn atau dobrak bukaan pembatas jalan mengantisipasi perlambatan-perlambatan saat arus balik. Dipatroli terus, di-woro-woro terus,” terangnya.

Lebih lanjut, kepolisian juga disebut telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada momen arus balik.

Antara lain pemberlakuan oneway ganjil-genap dan contraflow.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat.”

“Artinya masyarakat sudah tahu bahwa jadwal oneway ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB.”

“Namun untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional,” ungkap Aan.

Sementara itu Polri setidaknya menyiapkan tujuh strategi untuk menghadapi kemacetan yang terjadi saat arus balik Lebaran 2022.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan memperkirakan jumlah kendaraan yang bakal kembali ke wilayah Jabodetabek yaitu sekitar 1,9 juta unit.

“Jumlah kendaraan yang akan kembali saat arus balik menuju Jabodetabek dengan memperhatikan kendaraan yang keluar pada arus mudik dengan total sebanyak 1.979.127,” katanya dalam jumpa pers, Rabu (4/5/2022).

Sehingga, kata Ramadhan, Polri beserta stakeholder akan menyiapkan strategi untuk mencegah kemacetan.

Pertama, yaitu penerapan sistem one way dari KM 414 Gerbang Tol Kalingkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

Kedua, menyiapkan dan menyosialisasikan rute alternatif dari Jakarta menuju Bandung ketika pemberlakuan sistem one way.

Ketiga, strategi ketiga adalah mengimbau kepada masyarakat agar memakai jalan alternatif dan tidak menunggu penerapan one way selesai.

Keempat, melakukan manajemen tempat istirahat atau rest area yaitu Rest Area Management System (RAMS).

Kelima, masyarakat diimbau agar tidak berhenti di bahu jalan jika tidak dapat beristirahat di rest area.

Keenam, menjamin tersedianya bahan bakar minyak (BBM), bengkel, dan fasilitas-fasilitas lainnya untuk membantu masyarakat ketika mengalami kendala dengan kendaraannya.

“Terakhir, meminimalisir hambatan di rute alternatif, sehingga kapasitas jalan bisa digunakan optimal oleh volume kendaraan yang dialihkan ke ruas-ruas jalan alternatif,” kata Ramadhan. (Jateng7.com_ Sumber Humas Dirgakkum Korlantas polri).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form