Pemkab Pati Fasilitasi Mudik Gratis Tahun 2022 , Terbanyak Se Jawa Tengah.

Jateng7.com.PATI – Sambut Idul Fitri 1443 Hijriyyah, Pemerintah Kabupaten Pati memfasilitasi 10 bus untuk pemudik dari Jakarta.
Hal itu dikatakan Bupati Pati Haryanto usai memimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Candi 2022 di Halaman Stadion Joyokusumo Pati, Jumat (22/04/2022).

Haryanto mengatakan, fasilitas mudik gratis yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Pati ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan. Meskipun dalam 2 tahun terakhir tidak dapat dilakukan karena adanya larangan mudik dari pemerintah.

Namun pada tahun 2022 ini, pemerintah telah memberikan kelonggaran dan memperbolehkan mudik. Sehingga Pemkab Pati pun langsung fasilitasi pemudik dari Jakarta dengan tujuan Pati secara gratis.

“Pemkab memfasilitasi 10 bus untuk mudik dari Jakarta. Se Jawa Tengah paling banyak Kabupaten Pati. Daerah-daerah lain malah ada yang tidak menyediakan. Karena kebetulan kami memang setiap tahun menyediakan bus mudik gratis kepada warga saya yang pulang ke Pati,” katanya.

Kebijakan Pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik ditanggapi dengan euforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan perjalanan selama lebaran tahun 2022 ini.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pati menyiapkan 750 personel aparat gabungan dari berbagai instansi yang meliputi TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Senkom, Rapi, Orari, hingga Dinas Kesehatan dan pihak terkait yang ada didalamnya, untuk menyambut dan mengamankan arus mudik 2022 yang disiagakan selama 12 hari. Mulai 28 April 2022 sampai dengan 9 Mei 2022.

Haryanto menyebut persiapan pengamanan ini dilakukan lebih awal untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat perjalanan mudik rata-rata yang menggunakan moda transportasi milik pribadi dan jumlahnya cukup besar.

“Tujuannya adalah memberikan kenyamanan fasilitas kepada para pemudik, karena tadi diprediksikan ada 85,5 juta pemudik. Utamanya dari Jawa dan Bali. Dan yang paling banyak adalah dari Jawa Tengah. Sehingga harapan kita, juga kita semuanya terlibat, termasuk minta tolong kepada rekan – rekan media juga kalau ada hal-hal yang mungkin membahayakan segera disampaikan kepada petugas,” tuturnya.

Haryanto menghimbau agar nantinya para pemudik yang melakukan perjalanan menuju kampung halamannya di Pati khususnya, tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Sehingga nantinya tetap bisa dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Nantinya, Pemkab juga menyiapkan gerai vaksin disetiap posko mudik yang telah disiapkan. Diantaranya di pos Dua Kelinci, Pos GOR Pesantenan Puri serta di Batangan. (Jateng7.com._sumber Humas Pemkab Pati)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form