Pelaku Seni Bisa Pentas, Taati Aturan Serta ljin Dan Prokes

Jateng7.com.PATI –  Kabar gembira buat para seniman, Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah kini telah meng kaji Nasib para seniman saat ini. Pasalnya para seniman sekarang sudah bisa pentas saat Tradisi sedekah Bumi.

Bupati Pati Haryanto saat di wawancarai seusai rapat terbatas mengatakan, Jika rapat terbatas tadi membahas beberapa bahasan kaitannya setelah Lebaran ada sedekah Bumi, Tradisi yang tidak bisa di tinggalkan oleh masyarakat maupun mereka yang punya hajat, itu kita pertimbangkan dengan batasan-batasan tertentu.

“Adapun batasan-batasan tertentu itu diantaranya adalah; Desa yang vaksinnya sudah mencapai 60%, Kecamatan juga 60%, misal ada kegiatan pagelaran wayang itu di batasi dengan durasi, untuk pentas malam di batasi sampai pukul 23.00 WIB, namun diutamakan pentas di siang hari,”Jelas Bupati. Kamis (14/04/2022).

Sedangkan untuk Dangdut “panggung besar (Raging)” masih belum boleh karena Dangdut ini masih rawan, hal ini untuk mengantisipasi penonton yang bisa menimbulkan problem.

“Yang di perbolehkan hanyalah Orgen itupun tidak di perbolehkan memakai panggung yang besar karena masih rawan,”tambahnya.

Selama ini sudah di perbolehkan namun di batasi dengan aturan, jadi kita hanya bisa mengakomodir untuk kegiatan seni itu pada acara tradisi sedekah Bumi termasuk orang yang punya hajat, itupun dengan syarat-syarat yang sangat ketat.

“Boleh mengadakan kegiatan dengan syarat-syarat itu tadi, termasuk penontonnya nanti diharapkan membawa kartu vaksin, kemudian harus prokes (Protokol Kesehatan) tidak boleh bebas seperti sebelumnya,”Harap Haryanto.

Itupun harus tetap ada izin, karna sebelumnya harus di verifikasi terlebih dahulu, benar apa tidak?, sudah sesuai dengan aturan atau belum?. Kalau tidak bisa memenuhi tetap tidak bisa mengadakan kegiatan.

“Semisal tidak ada izin dan melakukan pentas akan kami bubarkan, kemudian yang izinnya sesuai persyaratan namun kuotanya melebihi daripada izin itu akan di bubarkan, karna kita sudah berkali-kali membubarkan kegiatan semacam itu tidak hanya sekali.”Tegas Bupati.

Syukur nanti sehabis lebaran ini Covid sudah hilang malah ayem, paling tidak kita sudah memberi ruang gerak pada teman-teman pelaku seni sekalipun dibatasi kan sudah bisa pentas dengan durasi tiga Jam,”Pungkas Bupati.(Jateng7.com_sumber Pemkab Pati).


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form