Bupati Pati Haryanto Kerahkan PMI Untuk Percepatan Vaksinasi Target Lansia.

Jateng7.com.PATI-Guna membantu tenaga kesehatan dalam percepatan vaksinasi khususnya di Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto akan menerjunkan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati. Hal itu diungkapkannya pada saat sosialisai Australia Indonesia Health Security Partnership ( AIHSP ) di aula PMI Kabupaten Pati, Senin (18/04).

Bupati Haryanto mengatakan, kerjasama AIHSP dengan PMI Kabupaten Pati ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam membantu pemerintah untuk percepatan vaksinaasi. Menurutnya, vaksinasi merupakan upaya untuk membuat kekebalan dan imunitas masyarakat, utamanya adalah lansia.

“Karena kalau kita lihat data yang ada, secara keseluruhan itu memang vaksin sudah 72%. Namun untuk lansia, kalau dipilah-pilah baru 55%. Masih urutan bawah, dan kalau di Jawa Tengah kita masih termasuk rendah”, paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Haryanto, melalui kerjasama antara PMI dengan AIHSP ini, diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk mempercepat capaian vaksinasi.

Dengan upaya-upaya ini, pihaknya akan segera menurunkan relawan untuk membantu door to door serta data by name dalam memberikan pelayanan ke masyarakat khususnya vaksinasi untuk lansia.

“Kita datangi door to door, dijemput ke vaksinator, dan dibawa ke tempat-tempat vaksinasi. Nanti kalau kesulitan ya kerjasama dengan pihak desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas”, katanya.

Untuk melaksanakan tugas yang akan diembannya, relawan PMI nantinya juga akan dibekali dengan surat tugas yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah.

Haryanto menuturkan, selama ini tugas relawan PMI memang sering menangani kebencanaan. Namun pada tahun-tahun ini di wilayah Kabupaten Pati tidak terlalu banyak bencana seperti tahun sebelumnya. Sehingga anggaran yang terkumpul dari dana bulan PMI lumayan banyak, yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan masyarakat serta untuk menunjang perkembangan PMI.

“Mari bersama-sama mendampingi dan mengawal proses vaksinasi ini. Minimal vaksinasi lansia mencapai 60%, syukur-syukur bisa lebih. Jadi saya mohon kepada relawan, ini tolong dibantu. Nanti ada surat tugasnya, dan ada penghargaan bagi yang menyelesaikan tugasnya dengan baik”, tandasnya. (Jateng7.com_sumber Humas Pemkab Pati).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form