Apabila Diperlukan, Warga Pati Silahkan Mengadu ke SP4N LAPOR!



Jateng7.com.PATI- Selama ini, pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan sendiri-sendiri dan tidak terkoordinir dengan baik. Untuk itu, Pemerintah membentuk SP4N LAPOR!.” Jelas plt Kepala Diskominfo Pati, Sutikno Edi.

SP4N LAPOR! Kepanjangan dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS).


 
Lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik.

Di Kabupaten Pati sendiri SP4N LAPOR! Dikelola oleh Diskominfo dan topik laporan terbanyak adalah tentang infrastruktur, COVID19, Ketenagakerjaan, Ketertiban Umum dan Bantuan Kesejahteraan. Jumlah Laporan/Aduan sendiri yang masuk di Tahun 2021 sebanyak 228, terselesaikan 71, bukan kewenangan 98 dan tertunda atau kurang bukti sebanyak 59. Dengan tingkat tindak lanjut mencapai 83 persen.


 
“Melihat bahwa warga masyarakat juga antusias menggunakan kanal aduan SP4N LAPOR!, Pemkab Pati di Tahun 2022 akan lebih aktif dalam pengelolaan, melakukan evaluasi tindak lanjut aduan di tingkat pejabat penghubung dan akan menyusun rencana aksi terkait peningkatan pelayanan. Untuk itu kami persilahkan warga Pati untuk menggunakan kanal pengaduan SP4N LAPOR! apabila ada hal-hal yang perlu dilaporkan/diadukan.” tambah Sutikno.(Jateng7.com._sumber Diskominfo Pati).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form