Tingkatkan Laju Investasi, DPMPTSP Pati Optimalkan Pelayanan Pendampingan OSS di MPP.

Jateng7.com.PATI-Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati menyediakan pelayanan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pati. Hal ini bertujuan untuk membantu serta mengedukasi para pelaku usaha mengenai investasi maupun pentingnya memiliki NIB.

Sebagai informasi, Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau OSS merupakan pelaksaan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Peluncuran pelayanan OSS berbasis risiko menjadi reformasi yang sangat signifikan dalam hal perizinan. Sebab, layanan perizinan secara online tersebut terintegrasi dengan paradigma perizinan berbasis risiko.


 
Para pelaku usaha, sebenarnya bisa menginput secara mandiri terkait pembuatan NIB. Mengingat sistem OSS bisa diakses secara online, maka para pelaku usaha banyak yang merasa khawatir jika mengalami kesalahan ketika membuat sendiri. Oleh sebab itu, eksistensi petugas pelayanan pendampingan OSS di MPP sangat dibutuhkan para pelaku usaha tersebut.

Masyarakat sangat antusias dalam melakukan pembuatan NIB dengan pendampingan dari petugas di MPP. Hal tersebut terlihat dari jumlah antrean yang tiap harinya yang rata-rata mencapai 20 orang pelaku usaha.
Diketahui, selain sebagai sistem penerbitan NIB, OSS juga memiliki menu untuk kegiatan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).


 
Yakni laporan mengenai perkembangan realisasi penanaman modal dan permasalahan yang dihadapi pelaku usaha yang wajib dibuat dan disampaikan secara berkala. Untuk pelaku usaha skala menengah dan besar wajib melaporkan LKPM setiap tiga bulan, sedangkan pelaku usaha skala mikro kecil melaporkan LKPM setiap enam bulan.(jateng7.com _sumber DPMPTSP kab Pati).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form