Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Pati Bahas Permasalahan Tambang di Sukolilo dan Sekitarnya.

Jateng7.com.PATI. OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pati laksanakan Rakor selain penanganan perbaikan jalan Pantura Pati-Rembang yang sering kali membuat macet juga membahas permasalahan tambang di Sukolilo dan sekitarnya.

Permasalahan tambang di Sukolilo dan sekitarnya yang menjadi gejolak, Cabang dinas ESDM Provinsi Jateng Wilayah Kendeng Muria sendiri memberikan penjelasan, terkait kewenangan perijinan. Katanya, Rabu (23/032022) pukul 08.30 s/d 11.35 Wib.

Bupati Pati memberikan arahan, Pemda Pati bersama Instansi terkait pada tingkat kabupaten tidak punya kewenangan perijinan, tetapi dapat melakukan penindakan terhadap Pelanggaran yang terjadi, termasuk punya peranan dalam menerbitkan hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan perijinan.

DLH (Dinas Lingkungan Hidup) sendiri bersama dengan Instansi terkait jangan ragu-ragu untuk melakukan penindakan apabila terdapat pelanggaran dalam proses penambangan. Baik berupa pelanggaran lingkungan hidup, pencurian tambang/ tidak berijin, termasuk pelanggaran muatan bagi truk yang dipergunakan muat hasil tambang.

Kasatpol PP mengusulkan agar di Pati di bentuk Timsus untuk menangani itu. Yang kemudian di setujui akan usulan Kasatpol PP untuk dibuat Tim Terpadu yang didalamnya terdapat unsur-unsur terkait. Permasalahan tambang terdapat beberapa potensi pelanggaran hukum, baik lingkungan hidup, pidana berupa pencurian tambang, maupun pelanggaran lalu lintas berupa muatan atau kelas jalan. Selama ini kita bertindak secara parsial sehingga kurang efektif, harapannya kedepan dengan dibentuknya Tim Terpadu yang solid akan lebih efektif dalam menertibkan terjadinya pelanggaran hukum yang terjadi.

Permasalahan tambang terdapat beberapa potensi pelanggaran hukum, baik lingkungan hidup, pidana berupa pencurian tambang, maupun pelanggaran lalu lintas berupa muatan atau kelas jalan. Selama ini kita bertindak secara parsial sehingga kurang efektif, harapannya kedepan dengan dibentuknya Tim Terpadu yang solid akan lebih efektif dalam menertibkan terjadinya pelanggaran hukum yang terjadi

Rakor diikuti langsung oleh Bupati Pati Haryanto, SH. MM. MSi., Asisten II Pemda Pati Ir. Pujo Winarno, Kadishub Kabupaten (Kab) Pati Teguh Widiyatmoko dan Kabid Lalu lintas Andrik, Kasatpol PP Kab. Pati Sugiyono, KBO Satlantas Polres Pati Ipda Muslimin, DPUTR Kab. Pati Sunaryo, ST bersama Kasi Jalan Hasto Utomo, Satker Pelaksana Jalan Nasional Jateng Yuli Ardibayana, ST. bersama Y. Bachtiar K, PPK 3.2. Pelaksana jalan Nasional Harjanto, ST., Penyedia jasa PT. Adrian Marga Karya Muhtarom, Kodim 0718/Pati Letda Bambang Wilopo, Cabdin ESDM Prov Jateng Wil. Kendeng Muria Irwan CK serta P. Agung M., BPKAD kab. Pati Sukardi bersama Zabidi, Kepala DLH Kab. Pati Tulus di ruang Joyokusumo Pemda Pati.(Jateng7.com _ sumber Humas Pemkab Pati).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form