Jembatan Juwana Dibangun Usai Lebaran, Pemkab Antisipasi Kemacetan.










Jateng7.com.PATI – Rencana pembangunan Jembatan Juwana di ruas jalan nasional Semarang-Surabaya, oleh pihak Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Jawa Tengah akan dimulai usai Lebaran. Karena itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati harus melakukan antisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas, di jalur pantura.

Berkait rencana pembangunan jembatan sepanjang 100 meter yang membentang di atas alur Kali Juwana itu, disampaikan Bupati Haryanto, belum lama ini. Sehingga pihaknya tengah memikirkan upaya mengantisipasi dampak yang ditimbulkan, yaitu terjadinya kemacetan, sehingga hal itu harus dibahas dalam rapat secara detail.

Jika pembangunan Jembatan Juwana baru dimulai usai Lebaran, maka harus dibahas lebih dulu sampai tuntas, agar pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut benar-benar maksimal. Apalagi, untuk pelaksanaan pekerjaannya tentu membutuhkan waktu cukup panjang, setidaknya sampai sekitar delapan bulan.

”Oleh karena itu, kami harus memikirkan cara untuk mengantisipasi dampak pembangunan jembatan tersebut,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Jembatan Juwana juga merupakan penghubung Kabupaten Pati dan Rembang, sehingga masuk katagori jalur pantai utara (Pantura). Hal itu tentu akan berimbas pada kemacetan jika antisipasi tidak dilakukan jauh-jauh sebelumnya, mengingat waktu pelaksanaan pelaksanaan pekerjaan yang berlangsung delapan bulan tersebut cukup panjang.


 
Dengan demikian, permasalahan tersebut harus diurai dari awal agar nanti tidak membikin macet sampai berbulan-bulan. Hal itu mengingat waktu pelaksanaan pekerjaan jembatan itu sampai delapan bulan.

Akan tetapi di sisi lain, pihaknya juga memperkirakan pembangunan jembatan tersebut baru bisa selesai sebelum Lebaran Tahun 2023. Sebab, jika sampai bulan Ramadan belum usai hal itu bisa berdampak dan merembet pada infrastruktur lainnya.

Sedangkan ruas jalan Pantura yang saat ini juga tengah berlangsung pelaksanaan pekerjaan, diperkirakan diperkirakan H-10 Lebaran tahun ini sudah selesai. ”Ini sudah mau memasuki bulan puasa, jadi paling tidak masih ada satu bulanan, dan kalau satu bulan itu macet, tentu membikin infrastruktur yang lain ikut terkena dampak,”imbuhnya.(Jateng7.com._ sumber Pemkab Pati & PJN Jateng).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form