Indeks SPBE Kabupaten Pati Terus Digenjot Agar Ada Peningkatan.

Jateng7.com.PATI-Rapat internal pembahasan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Berdasarkan hasil evaluasi indeks SPBE Pati adalah 2.75 yang mana nilai ini harus terus diupayakan supaya mengalami kenaikan, sehingga Diskominfo sebagai Leading sektor perlu membahas secara khusus upaya upaya guna mendorong percepatan dan tantangan penerapan SPBE di Kabupaten Pati, bertempat di Aula Diskominfo,   16 Maret 2022.

Selama 3 tahun setelah diterbitkannya Perpres 95 tahun 2018 tentang SPBE, Pemerintah Kabupaten Pati telah melakukan upaya, terus menggenjot tingkat kematangan SPBE. Penerapan SPBE digaungkan di semua OPD se Kabupaten Pati meskipun belum semuanya mengalami integrasi dan keterpaduan

Willy Yoga Susetya, Kabid TIK Diskominfo mengungkapkan bahwa upaya penerapan SPBE tidak hanya melakukan penilaian mandiri tetapi juga harus ada pengintegrasian dan keterpaduan dalam pelaksanaan penerapan aplikasi di seluruh OPD. Dan yang paling penting adalah kesadaran, konsisten dan komitmen pimpinan OPD untuk mendukung SPBE melalui layanan administrasi dan layanan publik berbasis elektronik yang terintegrasi. Hal ini yang akan mendukung akselerasi percepatan penerapan SPBE

Selain itu, terobosan yang digunakan untuk mendongkrak nilai SPBE yaitu menyusun kebijakan internal, menyusun arsitektur dan Peta Rencana SPBE, kebijakan manajemen data, penerapan manajemen risiko, penerapan keamanan informasi, manajemen aset TIK, manajemen sumber daya TIK, manajemen layanan, audit TIK, audit aplikasi SPBE, audit infrastruktur dan lain lain.

Hal ini Diskominfo masih harus berbenah dan dikerjakan step by step untuk mencapai kenaikan indeks SPBE di tahun mendatang.(Jateng7.com. _ sumber Diskominfo Pati).


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form