Polres Pati Gerebek Rumah Produksi Miras, Amankan 750 Botol Miras Jenis Arak Putih - Jateng7


Wednesday, September 29, 2021

Polres Pati Gerebek Rumah Produksi Miras, Amankan 750 Botol Miras Jenis Arak Putih

 

Polres Pati grebek rumah yang digunakan untuk memproduksi minuman keras jenis arak putih di Ds Tegalharjo Trangkil Pati . Selasa malam (28/9/2021).

JATENG7.PATI - Aparat Polres Pati, Jawa Tengah dari Polsek Wedarijaksa bersama satuan Sabhara Polres Pati, menggrebek rumah yang digunakan untuk memproduksi minuman keras jenis arak putih. Selasa malam (28/9/2021).

Dari dalam rumah yang terletak di Desa Tegalharjo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini, Polisi berhasil mengamankan ratusan botol miras siap edar.

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, mengatakan, selain mengamankan alat untuk produksi dan mengoplos, serta alat penyulingan miras, juga berhasil diamankan ratusan botol miras jenis arak putih yang siap di edarkan ke masyarakat.

“Dilokasi pengerebekan ini kami lakukan penyitaan barang bukti sejumlah 750 botol miras siap edar ke masyarakat. Kemudian juga ada alat untuk melakukan produksinya, untuk mengoplosnya termasuk alat alat penyulingan miras,” jelas Christian.

Penggrebegan tersebut dilakukan setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat tentang keberadaan pabrik miras oplosan di rumah salah seorang warga Desa Tegalharjo.  Informasi tersebut kemudian ditindak lanjuti dengan melakukan pengecekan dan mendapati keberadaan pabrik miras.

Dari pengakuan pemilik rumah sekaligus pemilik usaha pembuatan miras berinisial  RS memproduksi miras di rumahnya ini sudah dilakukannya selama empat bulan. Tak hanya untuk pasar lokal Pati dan sekitarnya saja, namun miras produksi rumahan ini sudah merambah hingga ke Jawa Timur.

“minuman keras jenis arak putih ini pengedarannya ada di daerah pati, kemudian masuk ke daerah Tuban ( Jatim ) juga. Mereka menjualnya per botol Rp 60 ribu,” kata kapolres Pati. Guna penyelidikan dan pengembangan kasus lebih lanjut, polisi mengamankan pemilik rumah dan pemilik usaha pembuatan miras ke Mapolres Pati. "Tersangka akan dikenakan sanksi hukum seperti yang diatur dalam undang-undang tentang kesehatan maupun undang-undang ri tentang pangan,” kata AKBP Christian Tobing.

Kapolres Pati juga mengimbau masyarakat untuk tidak membeli apalagi mengkonsumsi minuman beralkohol yang memabukan dan merusak kesehatan. (jateng7.co/Dim@n)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments