Pemerintah Pusat Akan Segera Buka Penerimaan CPNS dan PKK Dalam Waktu Dekat - Jateng7

Saturday, April 10, 2021

Pemerintah Pusat Akan Segera Buka Penerimaan CPNS dan PKK Dalam Waktu Dekat

 

JATENG7.SEMARANG - Pemerintah pusat dalam waktu dekat ini akan membuka penerimaan CPNS dan PPPK. Sebanyak 4.068 orang diusulkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang sebagai formasi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

Menurut Litani Satyawati Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang, belum lama ini pihaknya sudah mendapatkan informasi dari pemerintah pusat terkait rekrutmen CPNS dan PPPK.

“Sudah kami informasikan, namun kita masih menunggu petunjuk resmi mengenai kepastian waktu pelaksanaan,” ujar Litani.

Pemkot Semarang saat ini telah mendata kebutuhan formasi pegawai yang dibutuhkan kepada pemerintah pusat. Rinciannya, sebanyak 2.570 merupakan formasi PPPK khusus untuk guru, dan 1.498 merupakan formasi CPNS. Sehingga total dari formasi yang telah didata adalah sebanyak 4.068.

Kemudian untuk lebih detailnya, sebanyak 2.570 formasi PPPK itu terdiri atas 2.269 formasi guru kelas dan guru mapel, serta 301 formasi guru agama. Sedangkan 1.498 formasi CPNS terdiri dari 665 tenaga kesehatan dan 833 tenaga fungsional lain di setiap organisasi pemerintah daerah (OPD) Kota Semarang.

”Regulasi dari pemerintah pusat, formasi guru melalui PPPK. Saat ini sudah kita himpun sesuai kebutuhan OPD,” tambah Litani seperti dilansir dari jawapos.com (8/4).

Setiap OPD sebelumnya memberikan usulan ke BKPP, usulan yang diajukan ini diambil berdasarkan pada jumlah tenaga ASN yang pensiun. Selain itu, OPD ini yang mengetahui berapa kebutuhan karyawan baru yang akan dibutuhkan.

“Di lingkungan pemkot, ASN yang pensiun cukup banyak, setiap bulan ada 60 – 70 ASN, termasuk guru, tenaga kesehatan, maupun ASN di semua OPD. Angka ini belum ditambah yang mutasi, serta meninggal dunia,” tandas Litani.

Litani juga mengungkapkan bahwa ia belum bisa memastikan berapa jumlah dan kuota yang disetujui pemerintah. Meski telah mengusulkan jumlah dan formasi kepada pemerintah pusat, hal ini belum tentu disetujui seluruhnya.

“Harapannya tentu sesuai usulan, kita juga segera mengumumkan begitu sudah ada kabar dari Pemerintah Pusat. Selain itu, pelaksanaannya transparan dan gratis,”ujar Litani mengakhiri.(tim jateng7.co Kudus/Al-Bustami)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments