Tekan Penyebaran Covid-19, Wali Kota Semarang Dukung Keputusan Pemerintah Larang Mudik Lebaran - Jateng7

Tuesday, March 30, 2021

Tekan Penyebaran Covid-19, Wali Kota Semarang Dukung Keputusan Pemerintah Larang Mudik Lebaran

 

Foto/JT7.Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi

JATENG7.KUDUS - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengaku mendukung keputusan pemerintah melarang mudik lebaran seperti tahun sebelumnya. Namun, wali kota yang akrab disapa Hendi itu meminta larangan mudik juga harus dibarengi dengan pembatasan atau pengurangan moda transportasi yang menjadi sarana utama pemudik.

"Pemerintah pusat melarang, nah kami yang di Semarang tentu akan mendukung, memberikan support, dan mengarahkan agar masyarakat tidak mudik," ucap Hendi diberitakan Kantor Berita RMOL Jateng, Senin (29/3/2021).

Larangan mudik dilakukan Pemerintah Pusat mulai 6-17 Mei mendatang untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Karena menurut catatan Dinas Kesehatan, libur panjang menjadi salah satu pemicu lonjakan kasus baru Covid-19.

"Kalau dilarang, transportasi ya jangan dimudahkan. Misalnya kereta api, bus dan pesawat boleh jalan. Tentu kalau dimudahkan harus ada upaya ekstra untuk menghambat masyarakat mudik, itu saran saya," tuturnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Muhammad Afif menyebut kebijakan pusat terkait larangan mudik, harus diikuti oleh struktur yang paling bawah, misalnya Pemerintah Kota dan Kabupaten.

"Harus ada pengawasan ketat, memang ada pro kontra karena mudik ini sudah jadi budaya. Namun dasar dari pemerintah melarang untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,"tegasnya. ( tim jateng7/Al-Bustomi).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments