Pilkades Serentak di Pati Yang Di Laksanakan 10 April,Pemilih Dibatasi 500 Orang/TPS - Jateng7

Monday, February 1, 2021

Pilkades Serentak di Pati Yang Di Laksanakan 10 April,Pemilih Dibatasi 500 Orang/TPS

Kabag Tata Pemerintahan  (Sekda) Pati Sukardi

JATENG7.PATI - Pemerintah Kabupaten Pati merencanakan pembatasan Daerah Pemilihan (Dapil) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang bakal digelar tanggal 10 April 2021. Dalam aturan yang diterapkan untuk tiap pintu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibatasi 500 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal itu, untuk mencegah klaster baru di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretaris Daerah (Sekda) Pati Sukardi menjelaskan.
"jika TPS dilaksanakan di beberapa tempat biaya akan membengkak, maka pihaknya menjadikan satu tempat tentunya dengan antisipasi yang matang dengan maksimal 500 pemilih datang di Tempat Pemilihan Suara (TPS)", ujarnya.

Kardi menambahkan jika lokasi TPS di tempat terbuka dan lapang, mungkin di area lapangan atau lahan yang luas sehingga untuk menghindari banyaknya kerumunan warga. Demikian juga dalam pelaksanaannya nanti tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna meminimalisasi penyebaran Covid – 19 di Kabupaten Pati", pungkasnya.

Dia menambahkan, jika lebih dari 500 pemilih pada satu TPS, maka akan dibagi menjadi beberapa pintu masuk. Misalnya, ada jumlah pemilih 700 orang. Maka akan dibagi dua pintu dimana tiap pintu berisikan 350 orang pemilih untuk masuk di TPS.

Sukardi menambahkan jika semisal pemilh ada 1.500 pemilih maka harus mencari lapangan besar dengan dibagi menjadi beberapa pintu. Nanti bisa dibagi hingga tiga pintu. Dengan tiap pintu 500 orang pemilih. Nantinya pada pemungutan suara antara tempat menunggu dengan pintu masuk bilik TPS rencananya akan diberi jarak sehingga tidak terjadi kerumunan yang terlalu banyak untuk datang di TPS.

Terkait pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Pati direncanakan tanggal 10 April 2021 dengan diikuti sebanyak 219 desa. Sukardi menegaskan dalam Pilkades tahun ini punya penerapan yang lain karena adanya pandemi Covid-19.

Karena itu pihaknya memohon kepada Pemdes dan masyarakat untuk bisa menerapkan aturan sesuai protokol kesehatan. Untuk pemungutan suara dimulai pukul 08.00 hingga pukul 14.00, dimana semua DPT sudah ditentukan.  (tim jateng7/Dim@n).

 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments