Penandatanganan MOU Posbankum LKBH Dengan Pengadilan Negeri Jepara, Layani Masyarakat Kurang Mampu - Jateng7

Friday, February 19, 2021

Penandatanganan MOU Posbankum LKBH Dengan Pengadilan Negeri Jepara, Layani Masyarakat Kurang Mampu

 

Jateng7.co Jepara - Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) Posbakum LKBH Jepara dengan Pengadilan Negeri Jepara dilaksanakan dengan prokes kesehatan di ruang  Sidang Cakra Pengadilan Negeri Kabupaten Jepara. Jum’at (19/2/2021).

Penandatangan yang  dihadiri oleh Komandan Kodim 0719/jepara, Letkol Arah Tri Yudhi Herlambang, S.E., M.I.Pol, Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM, Kasi Pidum Kejari Jepara Ditta Ardian, SH, Kasat Reskrim Polres Jepara AKP DJohan Andika, SE.S.I.K, Ketua Pengadilan Negeri Jepara Danardono, SH. Ketua DPRD Jepara Haizul Ma'arif, SH, Ketua LKBH Jepara Muhammad Yusuf, S.H., M.H beserta tim dan beberapa undangan lainnya.

Pelaksanaan penandatanganan MOU Posbakum di Pengadilan Negeri Jepara dibuat untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu agar bisa mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya, dan acara penandatanganan Mou tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jepara.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Jepara Danardono, SH. Mengatakan, “Posbakum merupakan suatu layanan bagi masyarakat miskin sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan Peraturan MA No. 1 tahun 2014 tentang pemberian bantuan hukum bagi masyarakat miskin yang berada di Pengadilan.

“Untuk itu, guna menindaklanjuti hal tersebut kami bekerjasama dengan lembaga konsultasi dan bantuan hukum untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Jepara yang berhadapan langsung dengan hukum.” Kata Danardono.

Lebih lanjut, Posbakum ini bertujuan untuk memberikan layanan bagi para pencari keadilan di Pengadilan dengan biaya gratis. “Dengan hal tersebut kita wajib memberikan apresiasi kepada LKBH Jepara yang bersedia memberikan pendampingan dengan biaya gratis bagi masyarakat miskin untuk mencari keadilan maupun masyarakat yang berhadapan dengan hukum, dengan harapan Posbakum melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Jepara untuk mencari keadilan bisa terlayani dengan baik.” Tuturnya.

Sementara, Asisten I Setda Jepara Drs. Dwi Riyanto, MM juga menyampaikan Pemberian bantuan hukum merupakan upaya akses keadilan sebagai wujud implementasi Negara hukum yang melindungi, mengakui dan menjamin hak asasi warga masyarakat akan keadilan dan kesamaan dihadapan hukum.

 “Melalui Posbakum di Pengadilan Negeri Jepara ini tentu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum khususnya bagi masyarakat kurang mampu secara gratis.” Ungkap Asisten I Setda Jepara.

Seusai acara penandatanganan Memorandum Of Understanding, direktur LKBH Jepara yang biasa di sapa Lek Yus yang juga merupakan bidang advokasi PWO Jepara menyampaikan, bahwa kami LKBH Jepara sudah komitmen untuk memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat kurang mampu, baik itu perkara pidana atau perdata.

Yang penting dalam pengajuannya minta surat keterangan tidak mampu dari desa masing-masing, karena harapan kami semua masyarakat jepara harus mendapatkan keadilan yang seadil-adilnya tanpa harus pandang bulu baik itu kaya atau miskin, insya Allah kami akan menjalankan tugas kami dengan baik, ikhlas, dan memberikan keadilan bagi masyarakat Jepara. Ujarnya (Jateng7.co/Giarto & Setiyadi PWO Jepara).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments