Sosialisasi Perbup 88 Tahun 2020 dan Pembentukan Panitia Pilkades Tahun 2021 Desa Jatiroto Kayen - Jateng7

Thursday, January 28, 2021

Sosialisasi Perbup 88 Tahun 2020 dan Pembentukan Panitia Pilkades Tahun 2021 Desa Jatiroto Kayen

 


JATENG7. KAYEN PATI - Pada hari Kamis (28/1/2021)  pukul 14.00 wib  bertempat di Aula Balai Desa Jatiroto  Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, telah dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Perbup 88 Tahun 2020 dan Pembentukan Panitia Pilkades Tahun 2021.

Hadir dalam giat tersebut adalah : Camat Kayen Drs. SUDARTO, Danramil Kayen yang  di wakili Peltu Muji Hanif, Wakapolsek Kayen Iptu Suwanto, Sekcam SISWANTO,SIp. M.M, KasiPem  Ahmad Tasrean S.H, Bhabinkamtibmas BRIPKA JOKO WALUYO, Bhabinsa Serda Sugiyanto, Kades Ds. Jatiroto Bpk. M Eko Wahyudi, beserta perangkat desa, Ketua BPD, LPMD, KPMD, Rt, Rw,dan tokoh masyarakat Ds.  Jatiroto.

Dalam sambutanya kepala Desa Jatiroto  M Eko Wahyudi, menyampaikan, “ucapan salam hormat kepada para Muspika dan tamu undangan yang hadir. Dan mengucapkan puji syukur atas limpahan Rahmat Hidayah dan inayahnya sehingga bisa berkumpul pada giat hari ini dalam keadaan sehat walafiat.

Giat hari ini lanjut Kades, adalah sosialisasi Perbub no 88 tentang pelaksanaan Pilkades 2021 dan pembentukan panitia Pilkades. Maka dari itu untuk giat hari ini bisa didengarkan dengan baik sehingga nantinya bisa disampaikan kepada warga lainnya. Bahwa pelaksanaan Pilkades nantinya mulai hari ini sudah terdapat kegiatan-kegiatan hingga pada akhirnya nanti pada tanggal 10 April,”terangnya.

Dalam sosialisasi Perbup 88 tahun 2020, Kasi Pembangunan  Ahmad Tasrean, S. H. turut menyampaikan, bahwa pemilihan kepala desa dalam kondisi bencana non alam covid 19 dan setiap tahapan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

Pilkades dilaksanakan secara serentak dalam waktu 3 (tiga) gelombang. berdasarkan perbup no 79 tahun 2020 tentang pilkades serentak yakni :  Gelombang  I tahun 2021, Gelombang  II tahun 2025 dan Gelombang  III tahun 2026. Hari dan tanggal pelaksanaan Pilkades serentak ditetapkan oleh bupati.

Panitia Pengawas Pilkades diantaranya berasal dari, Panitia pengawas tingkat kabupaten, Panitia pengawas tingkat kecamatan, Tugas Panwas Pilkades,Pembentukan panitia, penyusunan Tatib dan penyusunan RAB.

Tahapan Persiapan Pilkades adalah : Pembentukan panitia, Struktur Panitia, Tugas Panitia, Menetapkan tata tertib Pilkades, Penganggaran Pembiayaan berdasarkan APBD (bantuan keuangan) dan APBDes (dana pendukung) terdiri dari Hibah dan sumbangan dari pihak ketiga, Biaya penerapan Prokes pada Pilkades dalam kondisi covid 19, Penetapan wilayah pemilihan, Penetapan DPS dan DPTB.

Pengumuman dan Pendaftaran diantaranya adalah: Persyaratan administrasi Balon Kades, Persyaratan Tambahan, Penetapan Calon Kades dan Calon Kades maksimal 5 orang dan jika lebih dari 5 orang akan dilaksanakan ujian tertulis setara SMP, Pengundian nomor urut, Pembagian Surat Suara setiap wilayah, Ketentuan Kampanye, Perkenalan atau silaturahmi, Pengiriman surat Undangan, Pengunduran diri Calon Kades.

Tempat Pemungutan suara yakni : Pembuatan TPS, Pemungutan suara, Ketentuan Surat Suara sah dan tidak sah, Penghitungan Surat Suara, Calon Kades Terpilih, Keberatan hasil pemungutan suara dan penghitungan suara.

Tahap Penetapan atau Pelantikan, dalam kondisi pandemi Covid 19 Pelantikan Kades terpilih dapat dilaksanakan secara langsung atau virtual/elektronik. Dalam hal pelantikan Kades terpilih dilaksanakan secara langsung. Pelantikan secara langsung sebagaimana dengan mempertimbangkan jarak dan kapasitas ruangan paling banyak dihadiri 50 % (lima puluh persen) .

Adapun pembentukan panitia Pilkades Desa Jatiroto Kecamatan Kayen : Ketua Rusminto, Wakil ketua Agus Sutriono, Sekretaris Sakti Hariyo Bismoko, Bendahara Mat Rokhim. Seksi Pejaringan dan penyaringan  Sukirman dan   Sukarto. (tim jateng7/Dim@n).

 

 

 

 

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments