DPRD Kecewa, Statement Dinsos Anggap Jepara Tidak Mampu Menyuplai Beras BPNT - Jateng7

Tuesday, January 5, 2021

DPRD Kecewa, Statement Dinsos Anggap Jepara Tidak Mampu Menyuplai Beras BPNT

 

Wakil Ketua DPRD Jepara Drs.Junarso

Jepara Jateng7.co - diruang kerja wakil ketua DPRD Jepara Drs.Junarso menyatakan kecewa dengan statement Dinsos yang mengatakan bahwa petani jepara tidak sepenuhnya mampu menyuplai Bantuan Pangan Non Tunai / BPNT khususnya beras, padahal beras bulog jepara selalu surplus tiap bulan. Senin (04 /1/ 2021).

Saat ditemui time jateng7.com,  Junarso diskusi dengan pihak bulog Jepara untuk minta data stok beras yang ada di Bulog Jepara. Junarso mengatakan,” apakah benar petani jepara itu tidak mampu untuk menyuplai BPNT koq sampai Dinsos mengatakan hal seperti itu, padahal saya pelajari dari data-data dulu kalau petani kita itu mampu untuk menyuplai, kata Junarso.

Dengan lontaran pertanyaan yang disampaikan Junarso, pihak bulogpun menjawab" sebenarnya petani jepara itu mampu untuk mengisi beras BPNT karena tiap bulan Bulog jepara itu surplus 2500 ton. Malahan beras bulog jepara sampai menumpuk. Bahkan sampai kita jual kepasar-pasar untuk menghabiskan stok. Kalau penyuplaian masih di isi oleh Bulog cabang pati, maka hasil tani di jepara tidak terserap sepenuhnya,”jelasnya.

Masih kata pihak bulog, jangankan ngisi BPNT yang hanya peruntukannya 2000 ton perbulan, tahun-tahun kemarin waktu program beras raskin kita sampai ada stok 8000 ton bahkan nyampe 16.000 ton, dan itu sampai kita sewa gudang dibeberapa lokasi.  

Mendengar pernyataan yang disampaikan pihak bulog, Junarso langsung heran karena dari awal ada laporan beras BPNT dimonopoli pihak tertentu, dia  sangat kecewa, Junarso mengatakan " berarti prediksi saya ini sudah benar, kalau petani kita ini mampu menyuplai.

Dari kemarin waktu audiensi dengan Dinsos sudah saya sampaikan, bahwa beras BPNT harus di suplai oleh suplayer jepara lewat bulog Jepara, dan mereka sudah setuju. Tapi kenyataannya baru 10 persen yang lewat bulog jepara.

Harapan  saya untuk pembagian BPNT Januari ini Dinsos sudah bisa mengkondisikan suplier lewat bulog Jepara, dan juga  saya berharap dukungan dari teman teman media, Bulog, aktivis dan masyarakat untuk tetap mengawal hal ini.

Karena dari kemarin saya berusaha meluruskan merasa kesulitan, dan ini sudah menjadi kewajiban saya, apapun hasilnya ini tetap akan saya tindak lanjuti karena imbasnya pada masyarakat luas,”pugkas Junarso (Jateng7 Jepara/ Giarto).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments