Petaka, Diduga Tanah Longsor Tambang Batu Padas Baleadi Sukolilo Tewaskan 1 Orang Sopir Truk - Jateng7

Thursday, December 24, 2020

Petaka, Diduga Tanah Longsor Tambang Batu Padas Baleadi Sukolilo Tewaskan 1 Orang Sopir Truk

 

lokasi pertambangan Galian C alamat Dukuh Sono Rt 04/01 Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo

JATENG7.SUKOLILO
- Sempat membuat geger warga, di lokasi pertambangan Galian C alamat Dukuh Sono Rt 04/01 Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati  milik  Sudir Santoso  tersebut telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan   1 orang meninggal dunia,  Kamis (24/12/2020) sekitar pukul 15.45 Wib.

Setelah mendapat laporan warga, Kapolsek Sukolilo  IPTU Suyatna dan jajaranya mendatangi TKP orang meninggal dunia  diduga karena tertimbun tanah longsor turut Dukuh Sono Rt 04/01 Desa Baleadi Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati.  

Atas kejadian tersebut ada beberapa saksi yang mengaku mengetahui di lokasi yakni Fauzan (41) seorang  Sopir, Desa Tambakan Rt 03/03 Kec. Gubug Kab. Grobogan,  Endarso ( 32) Desa Wegil Rt 06/01 Kec. Sukolilo Kab. Pati, dan Agus Kusrin(46)  Ds. Wegil Rt 06/01 Kec. Sukolilo Kab. Pati.

Menurut keterangan Kapolsek Sukolilo IPTU Suyatna menjelaskan, kronologi kejadian sekitar pukul 15.00 wib KBM truk dumb milik saksi  berada di sebelah KBM truk dum milik korban yang berada di atas bak truk masing-masing untuk mengisi muatan padas. Beberapa saat kemudian tiba-tiba terdengar suara gemuruh reruntuhan batu padas dari atas tambang, spontan saksi  loncat dari truk dan berlari menyelamatkan diri menjauh dari lokasi.

Setelah kejadian tersebut  kedua orang saksi melihat korban tertimbun batu padas yang longsor dari atas tambang sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Peristiwa naas tersebut terjadi pada Kamis (24/12/2020) sore. Longsor terjadi saat dumb truk sedang berhenti di bawah tebing untuk mengantre muatan batu. Dua Dump truk untuk angkut material tambang  juga mengalami longsoran ba tu padas tersebut.


 Satu sopir truk tewas dan satu lainnya mengalami luka-luka akibat insiden itu.  Dua  truk pun hancur tertimbun material batu padas. Kerugian berupa materiil 4 unit Dumb truk rusak berat, 2 unit exavator (1 rusak berat dan 1 rusak ringan).

Akibatnya musibah itu, tercatat 2 orang menjadi korban dan satu di antaranya meninggal dunia. Adapun identitas korban meninggal yakni Moh Nur kholis (49 )pekerjaan supir warga desa Wonorejo Rt 04/03 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak,”jelas Kapolsek kepada media.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis, 24 Desember 2020 sekitar pukul 15.00 wib di penambangan batu depo padas turut dukuh Sono desa Baleadi Sukolilo Pati. Korban yang  meninggal dunia sudah di evakuasi oleh mobil jenazah dari Polres Pati dan di bawa ke RSUD Soewondo Pati untuk dilakukan pemeriksaan medis. Saat ini kasus di tangani oleh Polres Pati,”katanya.

Menurut keterangan saksi lain mengatakan,” saat longsor terjadi truk tak bisa menghindar karena posisi sedang berhenti untuk mengisi muatan. Akibatnya, reruntuhan material batu tersebut langsung menghujani truk yang ada di lokasi tersebut.

“Material runtuhan juga menghujani para pekerja tambang yang saat itu sedang berada di sekitar lokasi. "Saat truk berhenti, longsor terjadi. Pekerja yang di atas truk tertimpa reruntuhan batu," kata salah satu penambang saat di mintai keterangan dilokasi kejadian. (tim jateng7/Dim@n)

 

 

 

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments