Perihal Kelangkaan Pupuk, DPRD Pati Panggil Pihak Terkait - Jateng7

Thursday, November 5, 2020

Perihal Kelangkaan Pupuk, DPRD Pati Panggil Pihak Terkait

 

JATENG7.PATI - Dalam rapat kerja, Komisi B DPRD Kabupaten Pati memanggil para pihak-pihak tertentu terkait retribusi pupuk di Kabupaten Pati Bumi Mina Tani ini. Di dalam ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati. Senin, 02 /11/ 2020.

Beberapa pihak tersebut diantaranya Dinas Pertanian, Disdagperin, pimpinan Petro, Pusri, agen pupuk, distributor pupuk dan pengecer pupuk se-Kabupaten Pati.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Pati H.Ali Badruddin,SE. yang juga hadir dalam rapat tersebut menyampaikan, jika dirinya dan anggotanya banyak yang mendapatkan laporan dari petani terkait kelangkaan pupuk ini. Para petani juga menyayangkan karena sudah mempunyai kartu tani dan masuk dalam elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK), akan tetapi ketersediaannya tidak ada.

“Tahun ini yang paling parah. Sudah punya kartu tani, tapi pupuknya tidak ada. Ini kan kasihan petani. Hidupnya sudah susah, ditambah susah dengan tidak adanya pupuk,” jelasnya.

Dia menambahkan, setiap kali anggota dewan turun ke konstituen dan menyerap aspirasi mereka, ya dikeluhkan memang kelangkaan pupuk. Apalagi, di Kabupaten Pati ini sebagian besar masyarakatnya adalah petani.

Dalam hal itu, pihaknya meminta keterangan dari dinas pertanian, dinas perdagangan, kemudian dari BRI selaku pembuat kartu tani. “Ya kita cari solusinya lah. Di antaranya penambahan pendistribusian.

Ali menyebut jika ada beberapa oknum yang melakukan penyimpangan. Jadi dijelaskan oleh kepolisian bahwa ada yang ditangkap sekarang masih diproses. Ini salah satu fungsi pengawasan, ketika untuk menekan agar pupuk tidak diselewengkan, kemudian agar pupuk ini tidak menjadi langka,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Dewan merekomendasikan untuk pengajukan e-RDKK ini dipenuhi sesuai apa yang menjadi kebutuhan petani di Kabupaten Pati. Termasuk alih fungsi melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). (tim jateng7/Dim@n).

 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments