Kabar Duka, Dalang Kondang Wayang Kulit Ki Seno Nugroho Tutup Usia - Jateng7

Tuesday, November 3, 2020

Kabar Duka, Dalang Kondang Wayang Kulit Ki Seno Nugroho Tutup Usia

 

 Dalang wayang kulit kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho,  meninggal dunia pada Selasa (3/11/) malam 

JATENG7. SLEMAN YOGYAKARTA - Dunia kesenian Indonesia tengah berduka. Dalang wayang kulit  Ki Seno Nugroho diketahui meninggal dunia . Dalang wayang kulit kondang asal YogyakartaKi Seno Nugroho, dikabarkan meninggal pertama kali tersebar di grup percakapan kalangan seniman Yogyakarta dan Solo.

Seniman  asal Bantul, Yogyakarta tersebut menghembuskan napas terakhirnya pada Selasa (3/11/2020) malam pukul 22.00 WIB, meninggal di RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman Yogyakarta dalam usia 48 tahun.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab meninggalnya dalang kondang yang penuh humoris dengan khas campuran gaya Yogyakarta - Solo tersebut.

Menurut salah satu pesinden Ki Seno Nugroho Ayu Purwa Lestari, saat dihubungi ,”membenarkan bahwa Ki Seno Nugroho telah meninggal. "Iya benar, Mas (meninggal). Kalau penyebabnya kurang tahu," kata Ayu Purwa Lestari, kepada  wartawan  melalui telepon, Selasa malam. Ayu mengaku, menerima kabar duka pada pukul 22.00 WIB.

Sinden lainnya, Oriza, mengatakan, pada siang harinya Ki Seno masih bercanda di grup WhatsApp. "Leres niki kulo (betul ini saya) di jalan mau OTW Sedayu (rumah duka)," kata Oriza ketika dihubungi wartawan.

Penyebab belum tahu. Di grup (WA) tadi siang masih gojekan (bercanda)," kata Oriza. Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kematian Ki Seno Nugroho.

Ia merupakan dalang muda asal Yogyakarta yang disebut-sebut sebagai salah satu pembawa gaya baru dalam pedalangan. Lahir pada 23 Agustus 1972, Ki Seno Nugroho tumbuh di lingkungan keluarga seniman. Ayahnya, Ki Suparman Cermowiyoto, juga merupakan dalang kenamaan Yogyakarta.

Selasa siang di grup watsap Ki Seno masih gojegan (bercanda)

Meninggalnya Dalang Ki Seno Nugroho hingga Rabu (4/11/2020),menjadi trending topic di urutan nomor satu di Indonesia. Saat berita ini ditulis, ungkapan dukacita masih mengalir deras untuk sang dalang.

Ungkapan belasungkawa pun datang dari ribuan penggemarnya dan bahkan menjadi trending pagi ini. “Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Selamat jalan Dalang Ki Seno Nugroho 3 November 2020, 20.00 WIB, Yogyakarta.

Dikabarkan, jenazah Ki Seno Nugroho akan disemayamkan di rumah duka di Gayam Argosari Sedayu Bantul dan akan dimakamkan siang ini pukul 13.00 WIB di makam Semaki Gede Yogyakarta. (tim jateng7/Hadi & Ronggo).



 

 


Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments