Wednesday, April 15, 2020

Perumahan Sambak Indah Danyang Grobogan, Dikukuhkan Sebagai Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona


JATENG7.GROBOGAN -  Polres Grobogan dan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 diwujudkan dengan mengukuhkan Perumahan Sambak Indah Kelurahan Danyang Kecamatan Purwodadi sebagai Kampung Siaga Antisipasi Virus Corona, pada Senin (13/4/20 ). Hadir dalam acara tersebut Dandim 0717 beserta PJU Polres Grobogan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Kepolisian Resor Grobogan Ajun Komisaris Besar Polisi Ronny Tri Prasetyo mengatakan, “pembentukan Kampung Siaga ini ditujukan untuk mengobarkan semangat warga dalam melalukan upaya antisipasi penyebaran virus corona. Dengan menitikberatkan pada penanganan pemudik dari berbagai kota/kabupaten berstatus zona merah.

Lebih lanjut Kapolres Grobogan memberikan pesan kamtibmas serta motivasi kepada warga masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 kepada seluruh warga perumahan Sambak Indah Kelurahan Danyang "Kami berharap dalam upaya pencegahan dengan sosialisasi di masyarakat sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat.

Agar warga juga mentaati informasi yang telah di sosialisasikan oleh pemerintah, dengan menghindari tempat-tempat kerumunan massa, batasi aktifitas diluar untuk sementara waktu demi keamanan bersama, sering cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, gunakan masker, konsumsi gizi seimbang dan rajin berolahraga, belajar dan ibadah dirumah masing-masing. Minimalisir bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain, usahakan berjemur matahari diteras rumah, pastikan sirkulasi udara sehingga terhindar dari ruangan lembab."jelas Kapolres.

Selain itu, warga di kampung ini juga disiapkan untuk melakukan penanganan rujukan terhadap warga mengalami gejala mirip Covid-19. Warga juga melakukan berbagai upaya preventif penularan Covid-19 seperti menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, cuci tangan sebelum masuk ke area permukiman dan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.

Keberadaan kampung siaga Covid-19 ini juga diharapkan dapat menjadi pelopor, bagi kampung lainnya untuk melakukan hal senada membentuk kampung siaga. "Kami pilih Perumahan Sambak Indah karenam kampung ini kami nilai paling siap," ujarnya.

Ketua RW 07 Perumahan Sambak Indah Purnomo menyatakan kesiapannya untuk melakukan edukasi mengenai gejala Covid-19, penanganan rujukan hingga upaya pencegahan penularan Covid-19. Termasuk imbauan social distancing dan physical distancing juga," tuturnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pemberian bantuan dari Kapolres Grobogan berupa masker, hand sanitizer, ember kran air, alat kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19 serta cairan disinfektan beserta alat semprot CBA Electric berisi 16 Liter serta pemakaian masker kepada Ketua Rw 07 RSS Sambak Indah. (tim jateng7/S.Priy@di).
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post