Friday, March 13, 2020

Terpeleset, 5 Santri dan 1 Kiai Tewas Tenggelam di Lubang Galian C Grobogan

foto/JT7. Sejumlah warga mengevakuasi 5 santri dan 1 kiai yang tenggelam di lubang bekas galian C di Dusun Sobotuwo, Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan.

JATENG7.GROBOGAN - Kabar duka datang dari Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sebanyak lima santri dan satu kiai dilaporkan meninggal dunia akibat tenggelam di lubang bekas galian C di Dusun Sobotuwo, Desa Kronggen, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.  Senin (9/3/2020).  sekira pukul 09.30 WIB 
Beberapa keterangan yang di himpun newsmetro.co, kronologi kejadian, awalnya santri-santri itu hendak merendam kayu usuk di lubang bekas galian C itu malah ada yang terpeleset,” kata anggota Pemadam Pebakaran Kabuapten Grobogan, Christian Adi Kusuma,

Menurut Joko bercerita satu santri tak sengaja terpeleset dan jatuh ke dalam lubang. Melihat kejadian itu, kiai dan santriwati yang lain kemudian bermaksud menolong korban. Namun, siapa sangka, semuanya malah tercebur ke dalam lubang,”ujar Joko.


“Setelah itu, temannya ikut nolong tapi malah jadi korban. Sampai Pak Kiainya juga ikut menjadi korban. Untuk sekarang semua korban sudah berhasil dievakuasi,” tambah dia.
Menurutnya, terdapat delapan orang yang tenggelam di lubang galian C tersebut. Dua orang berhasil selamat, namun nahas enam orang lainnya meninggal dunia.

Joko menambahkan, galian C di Desa Kronggen sudah ada sejak 2016, dengan luasan sekitar satu hektare. Di musim hujan, banyak lubang galian yang kemudian terisi air. Lubang tempat para korban tenggelam diperkirakan berkedalaman sekitar 2,5 meter.

"Kedalam sekitar 2,5 meter. Tapi belum tahu, nanti lebih detailnya dari BPBD. Lubang itu sudah ada sejak 2016. Itu masih ada perpanjangan," ujar dia

Camat Brati Joko Supriyanto saat dihubungi  membenarkan kejadian tersebut. Ia mengatakan kejadian nahas terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Ketika itu, ada tujuh santriwati dan kiainya yang hendak membersihkan diri ke lubang galian C itu, usai melakukan kerja bakti di pondok pesantren.
"Yang tenggelam delapan orang. Enam orang termasuk pengasuhnya meninggal dunia, sedangkan dua orang selamat," jelasnya.

Ia mengatakan, usai kejadian tersebut seluruh korban baik yang selamat maupun meninggal langsung dilarikan ke Puskesmas Brati. Pihaknya kemudian menghubungi, keluarga korban untuk memberitahu kabar duka itu. "Keluarga dihubungi, beberapa tadi saya tanya sudah merelakan dan tidak dilanjutkan untuk visum," katanya.

Kasatreskrim Polres Grobogan AKP Andi Moh Akbar Mekuo mengatakan, “sejumlah santriwati sedang mengikuti kegiatan kerja bakti di sekitar lokasi galian c tak jauh dari Ponpes. Saat itu, sejumlah santriwati meminta izin kepada Pengasuh Ponpes Al Lathifiyah, KH Wahyudi (58) untuk membilas diri di galian C yang telah dipenuhi air.

Awalnya KH Wahyudi tak begitu khawatir karena mereka membersihkan diri di pinggiran yang airnya dangkal. "Yang nyemplung di pinggir untuk bersih-bersih jumlahnya banyak tapi belum tau pasti jumlahnya. Keterangan saksi masih dikumpulkan," kata Andi saat dihubungi newsmetro.co Selasa (10/3/2020). 

Setelah asyik membersihkan diri di pinggir kubangan air bekas galian c tersebut, tanpa disadari ada beberapa santriwati yang terus berjalan ke tengah hingga akhirnya tenggelam. Sesuai penyidikan kepolisian, kedalaman air bervariasi mencapai 2,2 meter. Saat itulah para santriwati berteriak minta tolong hingga akhirnya Kiai Wahyudi yang mendengar teriakan itu ikut membantu.

"Pak Kiai yang tidak ikut berbilas akhirnya terjun menyelamatkan santriwatinya. Namun justru ikut tenggelam dan meninggal dunia. Total ada enam orang meninggal dunia," terang Andi.

Adapun identitas enam korban meninggal dunia sebagai berikut: K.H. Wahyudi (61) pengasuh Pesantren Al Latifiyyah,  Susi Susanti (17), Nazila Inayatul KH (12), Lina Lailatul Muarifah (16),   Istiroqin Nuriya (12), Shofa Lu'luul Maknun (17).  Sementara dua santri yang selamat adalah, Nisa Amalia Maulida (16), Laila Alfi Lutfiatul Hasanah (15 ) . (tim jateng7/S.Priadi)

  






Comments


EmoticonEmoticon

Related Post