Sunday, February 23, 2020

Jamasan Benda Pusaka Awali Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan Ke 294

Foto JT7.  Tetua adat melakukan   jamasan beragam benda bersejarah   di Museum Purbakala Grobogan, sebagai rangkaian Hari Jadi Grobogan ke 294. Jumat 14/2
JATENG7.GROBOGAN - Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 294 dimulai, Jumat (14/2/2020). Acara pembuka diawali dengan pembersihan atau jamasan beragam benda bersejarah yang menjadi koleksi Museum Purbakala Grobogan. Termasuk juga puluhan koleksi benda pusaka yang juga disimpan di dalam museum yang berada satu komplek dengan kantor Dinas Pendidikan Grobogan tersebut

Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto mengatakan, kegiatan jamasan ini rutin dilakukan dalam rangkaian peringatan hari jadi Grobogan yang jatuh pada tanggal 4 Maret. Untuk pelaksanaan jamasan, ada belasan orang yang dilibatkan.

“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli dibidangnya. Selain benda koleksi, kita juga menata kebersihan di lingkungan museum,” ungkapnya.

Dari data yang dimiliki, di dalam museum tersebut terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu dan terdiri dari beberapa jenis. Antara lain, seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok dan piring kuno. Kebanyakan, benda tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun.

Dijelaskan, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang. (tim jateng /S.Priyadi)
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post