Saturday, January 11, 2020

Tak Ada Aktivitas Kegiatan, 58 Koperasi Siluman Kudus di Bubarkan



JATENG7.KUDUS - Sabtu (11/1/2020) Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus mengusulkan 58 koperasi di Kudus dibubarkan. Hal ini dikarekanakan tidak ada aktivitass kegiatan hingga bertahun-tahun.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perinduatrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus Bambang Tri Waluyo mengatakan, dari jumlah koperasi yang tercatat ada 548. Sementara 58 koperasi dinyatakan tidak sehat.

Lanjut Bambang, 58 koperasi tersebut bakal dibubarkan. Oleh karena itu pihaknya telah mengusulkan pembubaran tersebut kepada Kementerian Koperasi.

Pihaknya menambahkan, koperasi yang diusulkan pembubarannya tersebut dikarenakan tidak adanya pengurus. Selain itu alamat koperasi tidak diketahui. Faktor lainnya koperasi juga tidak menyelenggarakan kegiatan selama bertahun-tahun. Salah satunya rapat anggota tahunan (RAT).

Hingga saat ini koperasi yang telah melaporkan kegiatannya atau RAT hanya 20. Mulai koperasi simpan pinjam hingga koperasi karyawan. "Dari hasil RAT itu akan dicermati lebih lanjut untuk dipetakan mana koperasi yang sehat, cukup sehat, maupun tidak sehat," paparnya.

Sedangkan koperasi yang tidak melakukan RAT selama dua tahun berturut-turut bakal mendapatkan pengawasan dari Disnaker. Pihak dinas juga mengimbau masyarakat agar tidak terjebak pada penawaran yang mengatasnamakan oknum koperasi. Mereka diminta untuk mengetahui koperasi tersebut benar-benar sehat terlebih dahulu.

Untuk menghindari koperasi yang tidak aktif bertambah, dinas selalu menggelar pelatihan. Yang bertujuan meningkat SDM pengurus koperasi. Pada tahun ini juga, dinas mendapat bantuan tambahan tiga tenaga. Bertujuan untuk mendampingi koperasi. Sekaligus memetakan koperasi yang tidak sehat,”tuturnya (tim jateng7/Mul)


Comments


EmoticonEmoticon

Related Post