Saturday, January 11, 2020

Belasan Tanggul Kali Tuntang Jebol di Grobogan Mulai di Perbaiki BBWS Pemali Juana

Foto/JT7. Alat berat tampak beraktivitas di tanggul jebol diterjang banjir yang berada di Desa Trisari, Gubug Sabtu 11/1  kemarin

JATENG7.GROBOGAN - Banjir yang melanda sebagian wilayah Grobogan kali ini disebabkan antara lain jebolnya tanggul Kali Tuntang di beberapa titik. Untuk mengantisipasi kejadian serupa tak terulang, kemarin sejumlah alat berat diturunkan di lokasi, Sabtu 11/1/2020.

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih mengungkapkan, sesuai dengan instruksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, alat berat langsung diturunkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Pihaknya pun memastikan seluruh wilayah telah surut hingga kemarin sore, sehingga memungkinkan untuk diperbaiki.

”Dari DPUPR sudah mulai ada aktivitas untuk penanganan seluruhnya di Balai Besar (BBWS Pemali Juana) sudah dianggarkan, tapi harus melalui lelang. Sementara itu, titik tanggul yang jebol ada dua belas titik. Yakni tiga titik di Glapan, empat di Ngroto, dan Lima di Trisari.

Pantuan newsmetro.co, alat berat telah diturunkan di lokasi untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Selain itu, di Bendung Glapan, petugas juga mulai melakukan evakuasi genset yang sempat terseret arus akibat jebolnya bendung.

Pihak BPBD Grobogan sebelumnya telah menetapkan Status Tanggap Bencana sejak Rabu (8/1) sore hingga tujuh hari ke depan. Ada dua posko yang dibuka, yakni di Pendopo Kecamatan Gubug, dan Balai Desa Mojoagung Kecamatan Karangrayung.  

Untuk diketahui, tanggul di perbatasan Grobogan-Demak, pada Kamis (9/1) lalu jebol. Akibatnya, ratusan hektar tanah milik warga Desa Ringinharjo, Gubug turut tergenang. Sejumlah rumah warga juga turut terdampak. Namun, kemarin tampak sudah mulai surut. (tim jateng7/Pri )
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post