Saturday, November 16, 2019

PKK Perlu Bersinergi Tangani Stunting dan BAB Sembarangan



JATENG7.PATI - Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono membuka Rakor Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pati bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pembina TP PKK.  Kegiatan yang dilaksanakan Jumat (15/11/2019) di Aula Kantor TP PKK Kabupaten Pati diharapkan dapat bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait guna menangani masalah stunting dan Buang Air Besar (BAB) sembarangan di Kabupaten Pati.

Hal itu disampaikan  Sekdakab Pati Suharyono saat mewakili Bupati untuk  membuka Rakor Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pati bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku pembina TP PKK.  Dalam sambutanya Haryono berharap agar program kerja TP PKK tahun 2020 dapat sinkron dengan program OPD. 

"PKK diharapkan dapat bekerjasama membantu menuntaskan stunting di kabupaten Pati. Oleh karena itu kita harus bekerjasama dalam penanganan stunting yaitu dengan cara sosialisasi ke seluruh masyarakat melalui PKK. Dan yang kedua adalah program bebas BAB sembarangan yang harus bisa diselesaikan pada tahun 2020 ini,” tegasnya.

Stunting, menurut Sekda, dapat diselesaikan dengan berbagai cara yaitu dengan peningkatan gizi dan yodium.  "Kami juga akan mengatur regulasi dana desa untuk penanganan stunting dan termasuk juga penggunaan dana APBD dalam hal tersebut", imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pati Ny Musus Indarnani Haryanto, dalam sambutannya mengatakan,”bahwa Rakor kali ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan program kerja PKK tahun 2020 yang merupakan sinergi program tim penggerak PKK Kabupaten Pati dengan OPD terkait. 

"Mari kita bersama-sama bertukar pikiran membahas program PKK dan bersinkronisasi bersama visi dan misi Bupati Pati melalui program-program yang ada di OPD terkait", tutur Musus.
Istri Bupati ini juga membeberkan beberapa agenda lomba yang akan diikuti kabupaten Pati diantaranya lomba PHBS tahun 2020 yang merupakan kerjasama antara PKK  dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

"Kemudian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes yang diprogramkan tahun 2021, dimana PKK akan bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Pati. Dan berikutnya lomba posyandu atau pos pelayanan terpadu yang diprogramkan untuk tahun 2020, PKK akan bekerjasama dengan Dispermades Kabupaten Pati", lanjutnya.

Ia pun memohon dukungan dan partisipasinya kepada OPD terkait agar di lomba-lomba tersebut nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.  "Dan  Alhamdulillah lomba  PHBS Gadingrejo tingkat provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Pati mendapatkan juara 3 tingkat provinsi Jawa Tengah", imbuhnya.

Menanggapi prestasi tersebut Sekda turut bangga dan berharap agar sinergitas PKK dengan OPD dapat terus berkesinambungan. Sehingga manfaatannya semakin meluas di seluruh warga masyarakat Kabupaten Pati. ( tim jateng7/Koce)

Comments


EmoticonEmoticon

Related Post