Saturday, November 16, 2019

Pendaftar Pilkades 4 Desa Kecamatan Sukolilo di Tutup, Cakades Terdaftar 13 Orang



foto/JT7. Kapolsek AKP, Supriyono berikan arahan  adanya pemantauan secara langsung diharapkan tidak ada gejolak saat penutupan  bakal calon Kepala Desa di 4 desa wilayah Kecamatan Sukolilo Rabu 13/11.
JATENG7.SUKOLILO - Masa pendaftaran bakal calon kepala desa untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 21 Desember 2019 di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati telah berakhir Rabu (13/11/2019). Pendaftaran bacakades yang melibatkan 4 desa diantaranya Desa Baturejo Desa Kedungwinong, Desa Baleadi, Desa Prawoto tersebut ditutup Rabu (13/11) sekitar 14.00 Wib  s/d selesai bertempat di Sekretariat Panitia masing - masing desa. Sementara   jumlah pendaftar di 4 calon kepala desa ada 13 orang  dan telah lengkap persyaratannya.  
foto/JT7. Penerimaan pendaftaran bakal calon Kepala Desa di Baturejo
Berdasarkan hasil rekap data yang dilakukan oleh seluruh panitia pilkades di 4 desa yang tersebar di  kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, tercatat telah ada   13  calon kepala desa (cakades) yang telah mendaftarkan diri. Mereka siap bertarung memperebutkan kursi kepala desa di desa masing-masing yakni:
-          Calon Kepala Desa Kedungwinong 4 orang yakni: (1) Sriatun,SPd   Dk. Krajan Rt. 02 Rw 01,( 2) Pranoto  Utomo Dk. Krajan  Rt 03 Rw 01 , (3) Mujiono   Dk. Gadingan   Rt 06 Rw 01 (4) Hidayatul Mustafid  Dk. Gadingan   Rt 02 Rw 01.
-          Calon Kepala Desa Prawoto 2 orang yakni: (1). A. Hyro Fachrus, SE , Dk. Domasan Rt. 01 Rw 03,(2) H. Muayati,   Dk. Domasan Rt 06 Rw 03 Ds. Prawoto.
-          Calon Kepala Desa Baturejo 3 0rang yakni: (1) Dwi Harsono  Ds. Baturejo Rt 08/02, (2) Agus Mulyono    Ds. Baturejo Rt 08/02, (3) M.Budin Ansyori   Ds. Baturejo Rt 02/03.
-          Calon Kepala Desa Baleadi 4 orang yakni: (1) Sisprojo Dk. Galiran Rt 01/07,  (2) Suyitno  Ds. Baleadi Rt 04/02, (3) Isnawati  Ds. Baleadi Rt 02/07, (4) Suhardi   Ds. Baleadi Rt 04/02 .
Jumlah cakades terdaftar dari 4 desa  yakni 13 orang  yang akan melakukan pilkades serentak pada 21 Desember mendatang, tidak satupun desa yang kurang dari dua calon kepala desa.   Jadi tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Sesuai dengan tata tertib panitia pilkades setelah pendaftaran cakades ditutup, dan tahapan berikutnya   penelitian berkas dan verifikasi data mulai tanggal 14 - 16 November 2019.

Menurut Ketua panitia penyelenggara Pilkades  Baturejo Mashuri mengatakan,”setelah pendaftaran ditutup, panitia tingkat desa langsung melakukan verifikasi terhadap formulir yang dilampirkan oleh pendaftar. Verifikasi dilakukan selama 20 hari ke depan. Jika ada data yang kurang, atau bermasalah cakades yang bersangkutan harus segera melakukan perbaikan,”ujarnya.

Hal yang sama ketua panitia Pilkades Desa Kedungwinong   saat dimintai keterangan mengatakan, “proses verifikasi yang dilakukan tersebut guna menutup celah kecurangan dokumen terlampir. Seperti halnya pemalsuan dokumen pencalonan diri sebagai kepala desa. Adapun dokumen yang akan diteliti meliputi ijazah, SKCK, surat kesehatan, dan surat keterangan lainnya,”jelasnya.

“Kami tidak ingin sampai kecolongan, maka dalam kurun waktu 20 hari ke depan akan kami manfaatkan untuk melakukan kroscek pada keaslian dokumen persyaratan pada lembaga-lembaga yang namanya dipakai dalam berkas yang dilampirkan tersebut.“Jika ditemukan adanya satu saja indikasi pemalsuan dokumen, maka secara otomatis panitia pilkades akan mendiskualifikasi cakades yang bersangkutan dari bursa cakades ,” tegasnya.

“Selanjutnya apabila dampak diskualifikasi itu menyebabkan hanya ada calon tunggal dalam pilkades, maka panitia pilkades masih memiliki jangka waktu 20 hari lagi setelah proses verifikasi ditutup, untuk kembali membuka masa pendaftaran bacakades.“Semoga saja tidak ada yang bermasalah, sehingga pilkades segera dilakukan dan tahapannya sesuai dengan jadwal,” harapnya.

Kapolsek Sukolilo AKP  Supriyono, S.H. didampingi   Kasat Intel, dan Kasat Binmas Polsek Sukolilo turun langsung memantau proses penutupan pendaftaran 4 bakal calon Kepala Desa di wilayah Kecamatan  Sukolilo Rabu  (15/11) Siang. Dalam pelaksanaanya, ikut  melakukan pemantauan secara langsung di 4 Desa tersebut.

Dalam arahanya, Supriyono menyampaikan, “dengan adanya pemantauan secara langsung diharapkan tidak ada gejolak saat penutupan bakal calon Kepala Desa.  Dalam kegiatan pemantauan secara langsung ke tempat yang diselengarakan penutupan calon Pilkades di desa masing-masing berjalan aman dan kondusif.  

Selama pelaksanaan berjalan dengan aman dan lancar . Setelah penutupan pendaftaran Pilkades sudah terdapat Bakal Calon Kades yang ditetapkan. Pasca penutupan pendaftaran situasi di wilayah Kec. Sukolilo terutama desa yang melaksanakan Pilkades dalam keadaan aman dan terkendali.

 “Kegiatan ini tidak hanya mengecek suasana di desa yang diadakan   penutupan pendaftaran Pilkades,  juga mengecek kesiapsiagaan para personil kepolisian dalam melaksanakan pengamanan,” tuturnya.  (tim jateng7/Hadi.S)



Comments


EmoticonEmoticon

Related Post