Sunday, October 13, 2019

Lawan Kanker Darah, Dafa Warga Jatiroto Kayen Akhirnya Meninggal



Foto. Kondisi Dafa saat di rawat di ICU RS Karyadi Semarang

Jateng7.Pati - Tangis pilu bagi seorang janda Yuniati (34) istri Supriyanto (Alm) warga dukuh Pucang turut Desa Jatiroto RT 04/05 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Ia harus kehilangan putra satu satunya yang ia miliki bernama Dafa Riski Budiono (7) meninggal dunia saat melawan kanker darah di Rumah Sakit Karyadi Semarang. Sabtu 12/10/2019. 17.00.WIB.

Dafa begitu disapa sehari hari baru duduk di bangku  Kelas 1 SD Jatiroto 02. Putra  pasangan Yuniati-Supriyanto tersebut sering mengalami  demam.  Sehingga anak tersebut dirawat inap di RSUD Kayen selama 3 hari terdaftar sebagai pasien umum. Karena pasien berasal dari keluarga kurang mampu dengan terpaksa  pasien  di bawa pulang.

Selang 7 hari dirumah, penyakit Dafa  kambuh kembali dan semakin parah. Sehingga anak tersebut  harus di bawa lagi ke RSUD Kayen juga terdaftar sebagai pasien umum dan masuk ruang IGD. Setelah mendapat penanganan dokter, Dafa mengalami penyakit kanker darah, selanjutnya  dirujuk di RS Karyadi semarang.

Di RS Karyadi di daftarkan dengan memakai  BPJS dirawat di Ruang IGD. Penyakit yang diderita adalah Kanker darah/leukimia dan  menjalani pengobatan di RS Umum Pusat Dr. Kariadi, Semarang di ICU. Menurut keluarga pasien biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp 100.000.000  yang akan digunakan untuk  operasi sumsum tulang belakang dan biaya operasional lainya.

Selang satu hari kemudian pihak RS Karyadi menanyakan BPJS sebagai sarat yang di ajukan. Lantaran BPJS baru diurus dan masuk daftar  1 Oktober 2019, dan BPJS baru bisa aktif 15 Oktober. Sehingga kartu BPJS tersebut tidak bisa di gunakan untuk mengurus sebagai Pasien BPJS. Sedangkan dari RS Karyadi hanya bisa membatasi setor BPJS tiga hari. Selebihnya harus masuk pasien umum.  

Karena pasien ini tergolong keluarga kurang mampu,  maka harus melakukan  penggalangan dana lewat FB Watsap. Akhirnya dana mengalir baik diserahkan secara langsung tunai dan lewat rekening. Tercatat dapat sumbangan dana dari para pejabat, tokoh masyarakat dan juga masyarakat desa Jatiroto peduli bahkan warga lain desa turut membantu.

Foto/NM/Pati. Kondisi Dafa saat kritis dan meninggal di RS Karyadi Semarang, Sabtu 12/10. Pukul 17.00.WIB
Sementara penggalangan dana masuk diantaranya adalah dari ,”Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sudewo DPR RI,  Wabup Pati (Safin), Dani Dispira Pati, Suhardi anggota DPRD Pati, Polda Sulawesi selatan, Ibu Persid kodim Pati, Koramil Kayen, Puskesmas Kayen, Paguyuban Bidan, Masyarakat dan warga Dukuh Pucang Jatiroto Peduli, Kacang Garuda Pati, donatur dari  desa lain.

Sampai pada penulisan berita ini, dana terkumpul Rp,27.000.000 tunai diserahkan langsung melalui rekening terkumpul 13.700.000. jumlah total 40.700.000. Dana tersebut untuk biaya pengobatan dan operasional.

Sudah di upayakan penggalangan dana guna pengobatan dan operasi bedah pada otak belakang, namun yang Maha Kuasa menghendaki lain. Dafa Riski Budiono meninggal dunia Sabtu 12/10/2019 di RS Karyadi Semarang jam 17.20.WIB.  

Saat di sambangi  Suparjo (56) kakek dari Dafa melalui media mengucapkan terimaksih kepada semua donatur dan masyarakat yang ikut membatu meringankan beban keluarga. Semua keluarga sudah merelakan kepergian Dafa dan Jenazah di makamkan hari minggu 13/10/2019 di pemakaman umum Pucang kidul jam 09.00. (tim jateng/Peci).



 










Comments


EmoticonEmoticon

Related Post