Saturday, October 5, 2019

Dinas Pemukiman Serahkan 100 BSPS Di 4 Desa Kecamatan Sukolilo

Foto. Penyerahan buku tabungan BSPS diruang pendopo kec.Sukolilo Jumat 4/10. 
Jateng7.Pati - Dalam rangka penyediaan rumah yang layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah, pemerintah Kabupaten Pati mengadakan acara Penyerahan Buku Tabungan terkait Bantuan  Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat yang mendapatkan program BSPS. Tempat di pendapa  Kecamatan Sukolilo,Jumat 4/10/2019.


Tercatat Pemkab Pati di wilayah Kecamatan Sukolilo memperoleh bantuan BSPS dari Anggaran APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebanyak 100 unit BSPS Tahun 2019. 

Bantuan tersebut diberikan kepada 4 Desa di Kecamatan Sukolilo yaitu Desa Sukolilo 25 unit, Desa Wegil 25 unit, Desa Tompegunung 25 unit dan Desa Kuwawur 25 unit. Dengan rincian bantuan sebesar Rp 17 Juta per unit BSPS.

Turut hadir Kepala Dinas Perumahan, kawasan Permukiman dan perhubungan serta dua orang Fasilitator Bayu dan Setia Adi Hermanto.

Saat di mintai keterangan   Bayu yang bertindak sebagai fasilitator menjelaskan,"Program tersebut dalam pencairan dimasukan ke rekening secara otomatis dua kali periodik. Dengan sarat realisasi sesuai dengan draf peraturan yang diberikan 30 persen dana pertama turun dengan sarat secara fisik pelaksanaan bedah rumah yang dinilai oleh fasilitator,"ujarnya kepada media.

Kemudian lanjut Bayu, setelah masuk penilaian pertama, fasilitator akan memberikan laporan secara periodik ke dinas pemukiman untuk selanjutnya sebagai sarat pencarian yang ditujuk oleh Prosen tahap kedua.

Harapannya dengan adanya program bantuan bedah rumah layak huni di empat desa tersebut agar masyarakat berhak mendapatkan tempat huni yang layak,"imbuhnya.

Di kecamatan Sukolilo pengajuan untuk tahun anggaran 2019 adalah empat desa yang mengajukan ke dinas pemukiman. Empat desa itu adalah desa Sukolilo, desa Tompe gunung, desa wegil,dan desa kuwawur. 

Masing -  masing desa mendapatkan jatah pemugaran atau renovasi sesuai dengan jenis dan peruntukan pengajuannya  untuk keluarga miskin yang rumahnya tidak layak huni.

Penyerahan di lakukan  dari pihak dinas pemukiman melalui bank BTPN, yang langsung di serahkan dalam bentuk rekening  langsung kepada masyarakat miskin yang berhak menerima di pendopo kantor kecamatan sukolilo.

Lebih rinci masyarakat yang menerima bantuan tersebut dapat mencairkan dalam bentuk  material kepada toko bangunan terdekat yang telah ditunjuk.

Untuk desa Sukolilo,Tompe gunung,dan desa kuwawur dapat mencairkan bantuan dalam bentuk material di toko Sami Jaya yang beralamat di desa Gadudero.

Sedangkan untuk desa wegil dapat mencairkan dalam bentuk material di toko Desa Wegil yang telah di tunjuk.

Bantuan bedah rumah yang diberikan oleh dinas pemukiman kepada masyarakat miskin yang tidak layak huni berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan bisa memiliki rumah yang lebih layak sehat dan nyaman. (tim jateng7/HS).
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post