Wednesday, September 25, 2019

Ribuan Mahasiswa Demo Didepan DPRD Jateng, Ganjar Pranowo Janji Serap Aspirasi

Foto. Di tengah ribuan demonstrasi, Ganjar Pranowo  temui mahasiswa   berjanji serap  aspirasi menolak UU KPK hasil revisi dan RUU KUHP ke pemerintah pusat dan DPR RI.
 Jateng7.Semarang - Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Semarang Raya melakukan aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Jateng.  Aksi demo dilakukan untuk menolak Revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi, Revisi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan sejumlah persoalan lainnya. Selasa (24/9/2019).

Aksi demo yang digelar sejak pukul 09.00 WIB itu awalnya berlangsung damai. Karena situasi mulai memanas saat mahasiswa meminta Gubernur Jawa Tengah turun menemui massa. Massa terus berteriak dan mendesak untuk bertemu dengan Gubernur. Demi mengamankan situasi, Ganjar pun akhirnya datang untuk menemui para mahasiswa.

Semula sejumlah pimpinam DPRD Jateng  turun dan ingin berdialog dengan massa.   Kedatangan mereka ditolak oleh mahasiswa dan mencoba merangsek  memaksa masuk, hingga menyebabkan pintu gerbang gedung DPRD Jateng roboh.

Di tengah ribuan demonstrasi, Ganjar Pranowo pun  menemui mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa di depan gerbang Gedung DPRD tersebut. Gubernur Jawa Tengah itu berjanji akan menyerap  aspirasi menolak UU KPK hasil revisi dan RUU KUHP ke pemerintah pusat dan DPR RI.

Di hadapan ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang dan sekitarnya, Ganjar yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam meminta pendemo tetap menjaga situasi kondusif saat menyampaikan aspirasi.

Kedatangan Ganjar disambut tepuk tangan para peserta demo. Ia pun tidak segan untuk merangsek ke kerumunan mahasiswa dan menuju mobil orasi milik mahasiswa. Dengan tenang, Ganjar meminta agar mahasiswa tetap menjaga kondisifitas dan tidak merusak fasilitas.


Ganjar pun menegaskan akan menampung semua aspirasi serta tuntutan dari para mahasiswa. Ia akan menyampaikan aspirasi itu sampai ke tingkat pusat. "Cukup banyak pesan yang disampaikan, nanti akan kami sampaikan ke pusat. Tadi mereka minta disampaikan ke DPR dan Presiden, tentu akan saya lakukan," ucapnya.

Sementara itu, para peserta aksi meminta Ganjar menandatangani beberapa tuntutan yang mereka bacakan. Tuntutan itu seperti membatalkan RKUHP, menolak revisi UU KPK, mendesak DPR segera mengesahkan RUU kekerasan seksual dan sejumlah tuntutan lainnya.

Ganjar Pranowo pun menegaskan akan menampung semua aspirasi serta tuntutan dari para mahasiswa dan akan menyampaikan aspirasi itu sampai ke tingkat pusat.
Orang nomor satu di Jateng itu juga mengapresiasi aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan mahasiswa, meski situasi sempat memanas sehingga para pendemo menjebol gerbang DPRD Provinsi Jateng, namun hal itu masih merupakan hal yang wajar.

Menurut Ganjar, sebenarnya para mahasiswa dapat menggelar aksi unjuk rasa dengan tertib dan menyampaikan tuntutan dengan mengedepankan dialog yang baik, serta tidak perlu melakukan aksi yang merugikan, bahkan sampai merusak gerbang dan taman.

Dalam unjuk rasa tersebut, para mahasiswa meminta Ganjar menandatangani beberapa tuntutan yang mereka sampaikan seperti membatalkan RKUHP, menolak revisi UU KPK, mendesak DPR segera mengesahkan RUU kekerasan seksual, dan sejumlah tuntutan lainnya.

Ganjar akhirnya membubuhkan tanda tangan di atas kertas tuntutan mahasiswa itu dan kemudian turun dari podium untuk kembali melaksanakan tugas-tugasnya, sedangkan para mahasiswa meneruskan aksi demo mahasiswa yang mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. (tim jateng7/HS).


Comments


EmoticonEmoticon

Related Post