Thursday, September 12, 2019

Pengajian Akbar Dalam Rangka HUT PR Sukun Kudus Awal Tahun Hijriyah


( Foto/JT7 ) KH.Anwar Zahid sedang mengisi ceramah pengajian dalam rangka HUT PR Sukun Kudus.

Jateng7.Kudus - Bertepatan dengan awal tahun Hijriah, Plt. Bupati mengajak masyarakat untuk mengisi Bulan Muharam ini dengan muhasabah atau introspeksi diri. Apa yang menjadi kesalahan pada tahun 1440 H lalu, diminta untuk dijadikan suatu pelajaran dalam mawas diri. Dalam hal ini, H.M. Hartopo mencontohkan perjuangan Rasulullah ketika hijrah dari Makkah ke Madinah.

“Dalam bulan muharrom, kita harus bisa muhasabah dan intropeksi diri. Tahun kemarin jika terdapat kekurangan, baik berorganisasi, pekerjaan, dan pergaulan, maka kedepan tahun 1441 H bisa selalu introspeksi diri, Contohnya hijrahnya Rasulullah. Kurang lebihnya adalah mencari kehidupan yang lebih baik dalam waktu itu perjalanan dari Makkah ke Madinah, kita renungi bersama perjuangan Rasulullah,” tuturnya.


Pada kesempatan ini, Anwar Zahid mengajak para jamaah untuk selalu berusaha memperbaiki diri. Karena pada hakikatnya, manusia adalah mahluk yang bertugas untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan.

Ia menjelaskan, "perbaikan pada diri manusia tak hanya dilakukan di luarnya saja, melainkan perbaikan akhlak menjadi yang utama. Ibarat sebuah rumah, ketentraman di dalam rumah tangga lebih penting daripada kemegahan bangunan rumah itu sendiri," katanya.

“Soalnya manusia itu punya watak jahat yang harus diperangi. Suka berdandan luarnya tapi kurang suka memperbaiki (akhlak) yang didalam. Itulah watak manusia. Serta dalam berdoa kepada Allah SWT, tidak usah minta yang aneh-aneh, mintalah agar menjadi orang yang baik luar dalam,” tuturnya. (JT7./Tajad)


Comments


EmoticonEmoticon

Related Post