Monday, September 16, 2019

Diduga Api dari Perapian Ternak, Dua Rumah Milik Warga Mangunrekso Tambakromo Ludes Terbakar


Jateng7.Pati - Kebakaran hebat terjadi dua rumah milik warga Dukuh Semangeng turut desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo Pati. Di ketahui rumah tersebut milik Rebo (60) RT 02/01 dan  Anik Widyaningsih (29) putra  Rebo sendiri. Dari kejadian tersebut kedua rumah hangus terbakar tanpa sisa. Senin /16/9/2019 pukul 08.30 WIB.

foto jt7. kondisi rumah terbakar habis tanpa sisa di desa Mangurekso Tambakromo Senin/16/9
Dua rumah milik Rebo dan anaknya, adalah warga Desa Mangunrekso Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati ludes terbakar  sekitar pukul 08.00 WIB. Kebakaran sendiri diduga akibat asap untuk penghangat ternak yang menyala dikandang sapi dan menjalar saat rumah dalam kondisi kosong dan pemilik rumah sedang pergi ke sawah.  

Menurut saksi sekitar tempat kejadian Sekar (43) dan Suparto (55) mengaku mengetahui saat terjadi kebakaran sekitar pukul 08.30 WIB. Saksi   berada di arah barat rumah korban tiba-tiba melihat kepulan asap dari dapur. Kemudian berteriak minta tolong, selanjutnya warga berbondong-bondong melakukan pemadaman api dengan alat seadannya.  Api sulit  di padamkan lantaran jangkauan air yang jauh, dan suhu panas api yang mengakibatkan api cepat merambat ke rumah lainya.

Atas kejadian tersebut Kepala Desa Mangusrekso Agus sukamto, ST  melaporkan kejadian tersebut ke piket SPKT Polsek Tambakromo. Setelah mendapat  laporan tersebut, piket SPKT bersama piket piket fungsi langsung mendatangi ke TKP.

"Satu jam kemudian api baru bisa dipadamkan setelah mendapat bantuan dari  3 (tiga) unit PMK dari kabupaten Pati, dan dibantu bersama warga.  Sementara pemadam kebakaran dari Kecamatan Kayen  juga datang membantu di lokasi. Api sudah keburu membesar sehingga seluruh isi rumah tersebut  ludes dilalap si jago merah.

Menurut data yang diperoleh dari Kaplsek Tambakromo piket SPKT dan piket fungsi, barang yang terbakar diruangan  rumah  milik Rebo dengan ukuran 11x7 m yang terbuat dari dinding kayu, beralas tegel, krangka jati, atap genteng dan barang - barang yang terbakar sebagai berikut : 1 unit Spm Suzuki Smash, 1 ekor sapi, Barang-elektronik, Perabotan rumah tangga, Surat-surat penting antara lain (KK, KTP, Kartu KIS, 2 (dua) BPKB honda varia dan suzuki smash, Ijazah SD, SMP, dan uang tunai 700.000,00.



Foto /jt7.Tiga Unit PMK dari Kabupaten  datang ke lokasi membantu pemadaman

Sedangkan data  dari rumah milik Anik Widyaningsih  dengan ukuran 11x7 meter   yang terbuat dari calsibot dengan kerangka kayu jati, atap genteng, dan barang-barang yang terbakar berupa : Perabotan rumah tangga,  dan barang-barang elektronik.

Menurut data sementara  yang diperoleh dari warga setempat, selain 2 unit rumah, untuk ternak sapi 1 ekor, Kambing 3 ekor, dan perabotan lainya yang ada di dalam rumah ikut terbakar. Kerugian di taksir sekitar Rp 300 juta, " ungkapnya.

Akibat Kebakaran,  tidak ada korban jiwa, dan untuk kerugian diperkirakan sekitar: Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah),

Saat menyambangi warga Bayu, salah satu warga setempat  menyesalkan keterlambatan bantuan pemadam kebakaran, sebab pemadam kebakaran datang ketika rumah sudah ludes terbakar, seharusnya Pemadam kebakaran berada di masing-masing Kecamatan,”ujarnya kepada tim News Metro.co.
Ketika ada kebakaran bisa lebih cepat datang untuk mencegah api menjalar," seharusnya pemadam kebakaran ini berada di tiap Kecamatan untuk mencegah terjadinya kebakaran di tiap daerah, apalagi musim kemarau begini yang rawan dengan terjadinya kebakaran, jadi saya berharap Pemda Pati bisa menyikapi," tandasnya. (tim jateng7/Peci).



Comments


EmoticonEmoticon

Related Post