Monday, August 19, 2019

TIM KKN Desa Sundoluhur Sosialisasi Pembuatan Puding Kacang Hijau

Jateng7. Pati - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu cara menambah pengalaman belajar mahasiswa dengan cara berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasikan masalah-masalah serta membantu menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan wilayah di lokasi KKN.

Shafira Maharani Malik memberikan materi gizi terarah.

Dalam membantu memecahkan masalah yang sedang dialami masyarakat mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan dua program monodisiplin, Senin tgl (19/08/19).

Minggu kedua setelah penerjunan mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Sundoluhur telah dilaksanakan beberapa program monodisiplin mahasiwa dari Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan dan Pertanian, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pelaksanaan program terletak di Balai Desa Sundoluhur dan dihadiri oleh ibu-ibu PKK Desa Sundoluhur.

Pertama, acara dimulai dengan pembukaan dari ibu PKK yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan penyampaian informasi dari kecamatan kepada ibu-ibu PKK.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan anggota KKN dan pelaksanaan program monodisiplin oleh mahasiswa.

Sosialisasi pentingnya tumbuh kembang bayi materi diberikan oleh Shafira Maharani Malik, sedang program monodisiplin pertama oleh Shafira Maharani Malik dari Fakultas Kedokteran yang melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK sekaligus ibu-ibu kader posyandu tentang “tentang pemanduan konseling gizi terarah dan menyeluruh” dan “penegakan, paripurna juga deteksi dini tumbuh kembang anak secara tepat”.

Sedang sosialisasi tentang hemat energi dan listrik aman oleh Jasmine Firja Salsabila, juga sosialisasi tentang pergaulan bebas oleh Andre Rifky Pratama.

Selanjutnya, oleh Jasmine Firja Salsabila dari Fakultas Teknik jurusan Elektro memberikan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK tentang “hemat energi dan listrik aman”.

Dan dilanjutkan sosialisasi oleh Andre Rifky Pratama dari Fakultas Hukum tentang “Pergaulan Bebas”, pembuatan pudding kacang hijau oleh Indri Iriana Putri.

Pelaksanaan program monodisiplin oleh mahasiswa ditutup oleh program Indri Iriana Putri dari Fakultas Peternakanan dan Pertanian yang memberikan pelatihan pembuatan pudding kacang hijau.

Hal ini sebagai salah satu pemanfaatan kacang hijau sebagai salah satu hasil bumi Desa Sundoluhur.

Dan dilanjutkan dengan program keduanya yaitu memberikan edukasi tentang keamanan pangan kepada ibu-ibu PKK.

Selain dapat memenuhi persyaratan KKN yaitu menyelesaikan dua program monodisiplin untuk setiap mahasiswa, hadir dalam acara ibu-ibu PKK juga sebagai salah satu cara mahasiswa TIM II KKN UNDIP Desa Sundoluhur untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Dengan menghadiri perkumpulan ibu-ibu PKK juga menambah pengalaman dan pengetahuan tentang PKK. (M. Arifin)
Comments


EmoticonEmoticon

Related Post